Economic Outlook 2022

Perluas Akses, Holding UMi Siapkan 1.000 Kantor SenyuM

Market - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
22 March 2022 14:50
Dirut BRI Sunarso

Jakarta, CNBC Indonesia - Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) Sunarso menyebut bakal mengoptimalkan jangkauan layanan Holding Ultra Mikro (UMi) di Tanah Air. Tidak tanggung-tanggung, Holding UMi mematok milestone 1.000 kantor Sentra Layanan Ultra Mikro (SenyuM) di seluruh Indonesia. 

Sunarso berkisah, sebelum membuat Holding UMi, dilakukan riset bahwa ada 45 juta usaha mikro yang sebenarnya ada pendanaaan tapi butuh pembiayaan dana tambahan, dan ada juga yang belum ada sama sekali. Dari 45 juta pelaku usaha itu, baru 15 juta yang benar-benar dapat pendanaan formal. 

"Sekarang fokus kita yang 30 juta. Masih ada 5 juta dilayani rentenir dengan bunga tinggi, ada 7 juta yang larinya ke keluarga dan kerabat, ada 18 juta yang belum tersentuh keuangan formal. Holding UMi menyasar 18 juta ini," tegas Sunarso dalam CNBC Indonesia Economic Outlook, Selasa (22/3/2022). 


Dalam menjangkau dan melayani para pelaku usaha ultra mikro itu, jelasnya, perlu dilakukan pemberdayaan dan pendampingan. Hal ini diperlukan untuk membiasakan pelaku usaha berinteraksi dengan lembaga keuangan formal. 

"Saya kira gak semua institusi bisnis bisa masuk, karena terus terang butuh infrastruktur dan sistem yang luar biasa intensifnya. Makanya kita bergabung bentuk Holding UMi. Maka infrastruktur yang kita bangun Senyum. Itu adalah gabungan. Kita juga bikin apps-nya yang melayani mereka mobile, lainnya culture juga harus dibangun," papar Sunarso. 

Terkait culture atau budaya kerja untuk merangkul pelaku usaha mikro, Holding UMi yang terdiri dari BRI dan dua saudara BUMN-nya, yakni PT Permodalan Nasional Madani (PNM) dan PT Pegadaian, telah meluncurkan Brigade Madani. Sehingga 45 juta pelaku udaha mikro yang hendak disasar di awal pendirian holding ini bisa terlayani. 

"Kita sekarang punya 153 co-location SenyuM, itu supaya konrit. Itu kantor isinya satu kantor diisi bertiga. Paling depan disambut pemaksir pegadaian, kemudian ada di situ mantri BRI, dan ada PNM. Menawarkan produk bank link 3 entitas itu. Target tahun ini kita bikin lagi 1.000 kantor SenyuM," tutup Sunarso.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jadi Booster Ekonomi, BRI Fokus Berdayakan Sektor UMKM & UMi


(bul/bul)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading