Lagi, BI Tahan Bunga Acuan di 3,5%! Sudah Setahun Lebih...

Market - Lidya Julita Sembiring-Kembaren, CNBC Indonesia
17 March 2022 14:22
Bank Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) kembali mempertahankan suku bunga acuan. Hal ini selaras dengan perkiraan pasar.

"Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 16-17 Maret 2022 memutuskan untuk mempertahankan BI 7-Day Reverse Repo Rate sebesar 3,5%, suku bunga Deposit Facility sebesar 2,75%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 4,25%," kata Perry Warjiyo, Gubernur BI, dalam jumpa pers usai RDG, Kamis (17/3/2022).

Konsensus pasar yang dihimpun CNBC Indonesia memperkirakan BI 7 Day Reverse Repo Rate bertahan di 3,5%. Dari 15 institusi yang terlibat dalam pembentukan konsensus tersebut hanya satu yang memproyeksi MH Thamrin akan menaikkan suku bunga acuan bulan ini.


Keputusan ini membuat suku bunga acuan bertahan di 3,5% sejak Februari 2021 atau sudah bertahan selama 13 bulan terakhir. Level 3,5% adalah suku bunga acuan terendah dalam sejarah Indonesia.

"Suku bunga masih tetap bertahan pada level 3,5% seiring dengan tekanan inflasi yang masih terjaga dalam kisaran yang ditargetkan BI serta kurs rupiah yang tetap relatif stabil meskipun sentimen negatif dari global mulai meningkat," tutur ekonom BNI Sekuritas Damhuri Nasution, kepada CNBC Indonesia.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

BI Janji Bunga Acuan Tetap Rendah, Tapi Sampai Kapan?


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading