Apa Itu Gamara yang Sempat Digeruduk Bappebti?

Market - Tim Riset, CNBC Indonesia
07 March 2022 16:50
Logo Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Perdagangan melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) kembali menghentikan pelatihan dan/atau pertemuan mengenai perdagangan berjangka komoditas (PBK) yang dilakukan di Bali oleh keluarga PT Gandem Marem Sejahtera (Gamara). Hal ini dikarenakan kegiatan tersebut tidak memiliki izin.

Plt Kepala Bappebti Indrasari Wisnu Wardhana menyebut, sesuai dengan peraturan perundangan, setiap kegiatan yang belum memiliki izin dilarang melakukan kegiatan usaha termasuk perdagangan berjangka komoditi.

Dalam keterangan resmi, Minggu (6/3/2022) kemarin, Wisnu juga menegaskan bahwa penyedia jasa ilegal "dilarang melakukan kegiatan usaha perdagangan berjangka antara lain melalui promosi atau iklan, pelatihan dan pertemuan mengenai perdagangan berjangka di Indonesia."


Penghentian pertemuan keluarga Gamara dilakukan Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Koordinator Pengawas (Korwas) Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Bareskrim Polri dan Polda Bali.

Sudah lama diendus Bappebti

Dalam keterangan yang sama Wisnu juga menyampaikan bahwa Bappebti telah melakukan pengawasan dan pengamatan terhadap kegiatan Gamara yang menawarkan paket-paket investasi dengan menggunakan mekanisme multi level marketing (MLM), serta bekerja sama dengan pialang (broker) Vat Prime yang tidak memiliki izin usaha sebagai Pialang Berjangka dari Bappebti. Sehingga, acara pelatihan dan pertemuan yang diselenggarakan Gamara merupakan kegiatan ilegal.

Dikesempatan yang sama, Kepala Biro Peraturan Perundang-undangan Bappebti, Aldison mengatakan penawaran paket-paket investasi yang dilakukan oleh Gamara tersebut diduga melanggar peraturan berlaku dan dapat diancam dengan pidana 5 hingga 10 tahun, serta denda Rp 10 miliar sampai dengan Rp 20 miliar.

Aldison juga mengatakan bahwa "tindakan ini diambil semata-mata untuk mencegah kerugian masyarakat serta memberi kepastian hukum terhadap semua pihak yang memiliki izin usaha, izin, persetujuan, atau sertifikat dari Kepala Bappebti."

Siapa Gamara?

Berdasarkan situs resmi perusahaan, PT Gandem Marem Sejahtera (Gamara) diketahui merupakan perusahaan penyedia jasa dan pengembangan software System Auto Trade, yang merupakan sebuah sistem untuk bisa melakukan trading secara otomatis.

Dalam situs yang sama, perusahaan menyebut bahwa mereka bukanlah merupakan staff pialang berjangka manapun, dan tidak bertindak atas nama pialang berjangka manapun.

Gamara juga mengklaim bahwa perusahaan mereka tidak mengelola dana masyarakat atau investasi bentuk apa pun.

Iming-iming Mobil hingga Villa 2 M

Meski menyebut tidak mengelola dana masyarakat, akun Tiktok @indrabizz dalam video yang berisikan tangkapan layar pertemuan dari Gamara melalui Zoom memberikan keterangan yang berbeda.

Menutup tangkapan layar presentasi dalam video tersebut, disebutkan bahwa Keluarga Gamara "juga menyediakan akun PAMM yang ditradingkan oleh Mr-Joker, sehingga Gamara sangat cocok untuk pebisnis dari semua kalangan (investor, leader network dan trader)."

Gamara juga menyebutkan konsep bagi hasil dengan nilai fantastis yang memberikan apresiasi pasif berupa hasil trading dan bagi hasil komunitas dan apresiasi aktif berupa sharing profit, reward dan royalti.

Dalam salah satu ilustrasinya, diberikan contoh bahwa jika investor melakukan deposit US$ 10.000 selama 12 bulan, maka setiap bulan investor tersebut dapat memperoleh US$ 1.350 atau dalam 12 bulan totalnya mencapai US$ 16.200.

Sistem MLM berbau ponzi juga terlihat dari skema perekrutan yang mana perusahaan memberikan tunjangan langsung jika dapat memperoleh anggota baru hingga 80% dari nilai keanggotaan.

Selain itu penawaran fantastis - untuk menarik calon anggota baru dan mempertahankan anggota lama - dilakukan dengan skema reward yang mana setiap deposit US$ 100 pengguna akan memperoleh 1 poin. Poin-poin tersebut kemudian bisa ditukarkan dengan beragam hadial termasuk mobil SUV hingga villa seharga Rp 2 miliar.

Robot trading ilegal

Dalam penjelasan beberapa waktu lalu, Bappebti mengungkapkan belum pernah mengeluarkan izin untuk robot trading di Indonesia. Pada intinya semua robot trading untuk aktivitas perdagangan berjangka komoditi akan ilegal bila tak mendapat izin dari Bappebti.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) juga menyatakan telah memblokir 1.222 situs web perdagangan berjangka komoditi ilegal dan permainan judi berkedok trading sepanjang tahun 2021 lalu.

Di tengah kisruh pengguna robot trading di beberapa platform yang susah melakukan penarikan dana, Bappebti memberikan klarifikasi bahwa pemerintah tidak pernah melarang penarikan dana. Hal ini berarti kebijakan tersebut - penarikan dana yang dibatas - diambil oleh masing-masing perusahaan, bukan karena alasan regulasi dan prosedural dari Bappebti.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Korban Binomo Cs Harus Siap Duitnya Menguap, Kok Bisa?


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading