HUT ke 41, Bukit Asam Komitmen Terus Bertransformasi

Market - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
03 March 2022 11:21
HUT ke 41, Bukit Asam Komitmen untuk Bertransformasi

Jakarta, CNBC Indonesia - Memperingati Hari Ulang Tahun ke-41 pada Rabu (2/3) kemarin, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menegaskan komitmen dalam menjalankan transformasi mendukung target Net Zero Emission (NZE) di 2060. Perusahaan akan meningkatkan kontribusi perusahaan dalam ketahanan energi nasional, dan mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals /SDG's).

Direktur Utama Bukit Asam Arsal Ismail menjelaskan transformasi dilakukan secara holistik, mulai dari bisnis, digital, cara pikir, hingga budaya perusahaan untuk memaksimalkan peran dan kontribusi perusahaan.

"Transformasi sangatlah challenging. Perlu effort dan perjuangan untuk menjadi lebih baik dan memberikan kehidupan yang lebih baik juga bagi sesama," ujar Arsal dalam keterangan tertulis, Kamis (3/3/2022).


Upaya transformasi ini pun tercermin dalam perayaan HUT ke-41 yang mengusung tema 'Bukit Asam untuk Kehidupan Lebih Baik'. Salah satunya yakni kegiatan sosial dengan menyalurkan 18.410 paket sembako kepada masyarakat pra sejahtera di masing-masing unit perusahaan, di antaranya Unit Pertambangan Tanjung Enim sebanyak 9.000 paket.

Kemudian Pelabuhan Tarahan 4.100 paket, Dermaga Kertapati 3.810 paket, Pertambangan Ombilin 1.000 paket, dan Kantor Perwakilan Jakarta 500 paket.

Selain itu, ada pula program bedah rumah juga dilaksanakan sebagai upaya menciptakan hunian yang layak, aman, dan tangguh. Sebanyak 25 unit rumah akan mendapatkan perbaikan dengan anggaran biaya sebesar Rp 1,23 miliar.

Di bidang kesehatan, ada kegiatan operasi katarak diikuti oleh 33 penerima manfaat yang berasal dari lima kecamatan di Kabupaten Muara Enim dan Lahat. Ada juga kegiatan bantuan kaki palsu yang disalurkan kepada 13 penerima manfaat di Kabupaten Muara Enim.

Sebagai puncak acara rangkaian, Bukit Asam menyalurkan bantuan pendidikan AYO SEKOLAH dengan dana senilai Rp 5,29 M kepada siswa SD, SMP, dan SMA yang berasal dari keluarga pra sejahtera di wilayah sekitar perusahaan. Penerima manfaat dari program ini mencapai 3688 siswa yang terdiri dari 1747 siswa SD, 986 siswa SMP, dan 955 siswa SMA.

Untuk diketahui, hingga akhir November 2021, Bukit Asam membukukan pendapatan usaha sebesar Rp 26,2 triliun dengan laba bersih sebesar Rp 7,0 triliun. Laba bersih ini sekaligus menjadi capaian laba bersih tertinggi sepanjang sejarah Perseroan beroperasi.

"Suatu pencapaian yang tidak mudah. Tentu berbagai tantangan dan rintangan telah dilalui untuk mempertahankan eksistensinya dan keberlanjutan," ujar Arsal.

Selain itu, PTBA juga melakukan penjajakan potensi kerja sama pengembangan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di jalan tol Jasa Marga Group yang ditandai dengan penandatangan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) pada 2 Februari lalu.

Proyek hilirisasi batu bara dan kawasan ekonomi khusus di Tanjung Enim juga tengah dikembangkan untuk mendukung pengembangan bisnis energi dan kimia terintegrasi dan berkelanjutan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Laba Bukit Asam Meroket 176% di Q3, Ini 3 Rahasianya!


(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading