Ongkos Bikin AlloFresh Lebih Murah Karena Kolaborasi

Market - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
02 March 2022 18:55
Kolaborasi CT, Bukalapak, & Growtheum Capital di AlloFresh

Jakarta, CNBC Indonesia - Satu lagi platform penjualan online untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat telah diluncurkan, dengan nama AlloFresh.

Aplikasi ini merupakan hasil kolaborasi dari Trans Retail Indonesia unit bisnis CT Corp bekerja sama dengan PT Bukalapak.com Tbk (BUKA), dan Growtheum Capital Partners, yang sudah diluncurkan hari ini, Rabu (2/3/2022).

Kontribusi kepemilikan platform ini dimiliki oleh Trans Ritel sebesar 55%, Bukalapak 35%, dan 10% dimiliki Growtheum. Adapun biaya investasi total belum disebutkan untuk membangun platform ini, namun setoran awal yang diberikan mencapai Rp 1 triliun.


Direktur Bukalapak Teddy Nuryanto Oetomo, mengatakan aplikasi ini terwujud karena adanya kerja sama antar semua pihak. Di mana Bukalapak menawarkan keunggulan dari sisi online e-commerce, teknologi, sementara Trans Ritel memiliki supermarket, gudang dan barang, dan Growtheum memiliki akses pendanaan.

Sehingga sudah ada infrastruktur yang sudah dimiliki dari masing-masing mitra, dan bisa meluncurkan platform ini dengan waktu yang cepat.

"Kalau bangun sendiri mungkin butuh dana besar dan waktu panjang mencapai US$ 1 miliar, dan waktu bisa mencapai 1 dekade sampai titik ini," kata Teddy, dalam konferensi pers, Rabu (2/3/2022).

Teddy menyebut ini adalah sinergi yang kongkrit antara Bukalapak dan Trans Retail karena bisa saling mengisi keunggulan masing-masing.

"Kita sering termakan ego, jadi ini kami hindari karena kami menjunjung kolaborasi. Kami berusaha melengkapi dengan partner terbaik. Tidak ada satu pihak yang jadi ahli. Maka sinergi ini jadi solusi yang tepat," kata Teddy.

Teddy mengatakan pembangunan platform ini tidak dimulai dari titik nol. Karena Bukalapak memberikan kontribusi dari teknologi dan pengelolaan e-commerce, sementara Trans Ritel sudah memiliki jaringan yang luas untuk toko offline hingga supplier barang.

"Jadi tidak dari titik nol. Kerja sama ini seperti mem-bypass bukan hanya biaya konstruksi tapi juga waktu. Kita ngga mulai dari level 1 tapi mungkin level 9 atau level 10," kata Teddy.

Untuk diketahui nantinya AlloFresh akan menjual kebutuhan rumah tangga sehari-hari mulai dari produk pangan seperti sayur, daging, bumbu masakan, hingga produk kebersihan seperti sabun, detergen, dan lainnya.

Perusahaan itu menawarkan waktu pengiriman mencapai 3 jam dari aplikasi serta memiliki layanan quick commerce dengan opsi pengiriman 30 menit di seluruh Indonesia.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Resmi! CT & Bukalapak Kolaborasi di AlloFresh Senilai Rp 1 T


(vap/vap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading