Transformasi Digital Kian Ramai, Begini Strategi bank bjb

Market - Lalu Rahadian, CNBC Indonesia
11 February 2022 16:55
bank bjb

Jakarta, CNBC Indonesia - Digitalisasi sektor keuangan di Indonesia diprediksi banyak pihak akan terus terjadi beberapa tahun ke depan. Untuk menghadapi kondisi tersebut, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk atau bank bjb memiliki berbagai strategi yang akan digunakan demi menghadapi arus digitalisasi.

Bank yang memiliki kode emiten BJBR ini menghadapi digitalisasi sektor keuangan salah satunya melalui produk dan layanan unggulan. Contohnya, bank bjb memiliki Program Desa Digital 2.0. Produk Desa Digital 2.0 adalah cara bank bjb mendigitalisasi kawasan pedesaan sehingga bisa terakselerasi pengembangannya. Desa Digital bertujuan menjadikan desa sebagai pusat pelayanan keuangan masyarakat sehingga membantu masyarakat dalam melakukan berbagai jenis transaksi pembayaran

bank bjb juga berkomitmen melanjutkan transformasi digital yang sudah berjalan dengan membangun kolaborasi bersama berbagai perusahaan dan pihak berkepentingan. Kolaborasi menjadi hal yang wajib dilakukan untuk mendukung visi dan misi perusahaan di era digital.

bank bjb telah melakukan berbagai inovasi dan pengembangan digital yang berdampak positif terhadap pendapatan fee based income yang sepanjang 2021 lalu naik signifikan. Kenaikan pendapatan berbasis komisi muncul dari kanal-kanal atau layanan digital yang semakin digandrungi oleh nasabah.


"Pengguna aplikasi mobile banking DIGI bank bjb tumbuh eksponensial,"kata Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi pertengahan Januari lalu.

Keberhasilan bank bjb melakukan transformasi digital juga terlihat dari pertumbuhan positif penggunaan QRIS merchant bank bjb. Selain itu, perusahaan terus mengembangkan fasilitas kredit berbasis digital melalui aplikasi Loan on Boarding seperti bjb LAKU untuk segmen UMKM dan Kredit Mesra dan Kredit Usaha Rakyat (KUR), bjb Koin untuk pembiayaan segmen konsumer ASN, serta pengembangan aplikasi pada segmen lainnya.

bank bjb juga sudah meluncurkan fitur bjb cardless, layanan tarik tunai tanpa kartu yang bisa diakses pada aplikasi mobile banking DIGI by bank bjb. Layanan ini memudahkan nasabah untuk mengambil uang tunai di ATM jika lupa membawa kartu debit.

"Hal ini diharapkan dapat menjadi opsi yang memudahkan nasabah dalam mengakses layanan perbankan bank bjb. Ke depannya, inovasi kemudahan bertransaksi lainnya akan terus dikembangkan demi pelayanan prima," kata Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto November lalu.

Melalui segudang fitur di new DIGI dan DigiCash by bank bjb, nasabah kini bisa mengakses layanan keuangan secara mudah.

Ke depannya, menghadapi transformasi digital bank bjb akan segera bekerjasama dengan perusahaan IT berskala internasional. Hal ini sejalan dengan visi dan misi perseroan untuk terus meningkatkan pemanfaatan teknologi digital, memperkuat infrastruktur IT dan SDM di bidang IT.

"bank bjb akan segera melakukan kerja sama dengan berbagai perusahaan IT berskala internasional, menjadi bukti komitmen bank bjb dalam membangun ekosistem digital yang lebih masif," ujarnya.

Dia menegaskan sikap perusahaan untuk terus berkolaborasi dan mengeluarkan inovasi digital agar memberikan keamanan dan kemudahan bagi nasabah dalam bertransaksi. Nasabah juga akan semakin dimanjakan melalui layanan layanan "fintech like" yang bank bjb sediakan, tanpa harus datang ke bank, di mana saja dilakukan melalui gadget-nya masing-masing.

Melalui kolaborasi dengan berbagai perusahaan, bank bjb  semakin kuat memegang ekosistemnya dan optimistis bisa membawa dampak positif terhadap kinerja jangka pendek dan panjang perusahaan.

 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Manjakan Nasabah, Ini Sederet Inovasi bank bjb


(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading