Inflasi Banyak Negara Melonjak Drastis, RI Bakal Ikutan?

Market - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
10 February 2022 14:59
BI, Bank Indonesia (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Inflasi banyak negara di dunia alami lonjakan drastis dalam beberapa waktu terakhir, seperti Amerika Serikat (AS), Eropa, Turki, Argentina dan Venezuela. Bagaimana dengan Indonesia?

"Kami memandang inflasi 2022 ini masih tetap terkendali. Yaitu dalam lingkaran 3% plus minus 1%. Inflasi IHK 2,18% ini, kami memandang masih rendah," ungkap Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers usai Rapat Dewan Gubernur, Kamis (10/2/2022)


Ada beberapa faktor penyebab masih rendahnya inflasi. Antara lain, kenaikan permintaan akibat pemulihan ekonomi yang terjadi masih di bawah produksi nasional. Sehingga tekanan terhadap inflasi tidak begitu besar.

"Inflasi inti juga masih akan tetap rendah," jelasnya.

Sementara itu ekspektasi inflasi masih terjaga, artinya meskipun ada kenaikan akan tetapi levelnya masih rendah. BI berkomitmen untuk terus menjaga inflasi.

"BI tetap berkomitmen menjaga stabilitas harga dan perkuat koordinasi melalui tim pengendali inflasi pusat untuk memastikan inflasi IHK berada dalam kisaran sasaran," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Harga Barang Terus Melonjak, Segini Ramalan Inflasi dari BI!


(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading