Jadi AgenBRILink Bisa Angat Ekonomi Keluarga, Ini Kisahnya!

Market - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
06 February 2022 12:30
AgenBRILink di Pekanbaru

Jakarta, CNBC Indonesia - Salah satu AgenBRILink yang bermitra menjadi agen Laku Pandai PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), Haji Rinaldi, membuat dirinya mampu mengembangkan usaha dan mengangkat perekonomian keluarga. 

Haji Rinaldi yang memiliki toko pemasok alat dan bahan bangunan, alat tulis kantor, alat pelistrikan, hingga kebutuhan perkebunan, memakai tokonya sebagai gerai AgenBRILink. Berawal pada tahun 2015 lalu, dengan tawaran dan potensi yang menjanjikan, Haji Rinaldi akhirnya menerima menjadi mitra merchant pembayaran tersebut.

"Waktu itu belum tahu soal AgenBRILink, awalnya takut juga karena harus ada 200 transaksi per bulan. Kalau tidak capai target bisa kena charge," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (6/2/2022).


Untungnya, kebanyakan masyarakat di sana sudah mengetahui manfaat agen Laku Pandai BRI, sehingga membuatnya memantapkan diri menjadi AgenBRILink.

Kini, volume dan nilai transaksinya pun terus meningkat, bahkan bisa sampai 100 transaksi lebih per hari hingga transaksi besar dengan nominal yang besar pula. Saat ini, nilai transaksi yang mampu dibukukan Rinaldi sebagai AgenBRILink bisa mencapai Rp10 miliar per bulan.

"Karena rata-rata per hari Rp 300 juta itu sering, bahkan ada yang sampai Rp 800 juta transaksinya per hari," kata Rinaldi.

Perputaran uang yang besar melalui Agen BRILink Haji Rinaldi di gerainya tak terlepas dari potensi ekonomi masyarakat dengan komoditas karet dan sawit menjadi penopang ekonomi utama. 

Per bulan, keuntungan terkecil Rinaldi sebagai Agen BRILink berkisar Rp 30 juta sampai Rp 45 juta. Melalui keuntungan sebagai Agen BRILink, Rinaldi pun menyisihkan sebagian keuntungan untuk reward bagi nasabah setia. 

"Semenjak itu, AgenBRILink jadi usaha unggulan kami. Kami bisa membeli Mitsubishi Pajero pada 2017 dengan uang muka dan angsurannya lunas melalui keuntungan BRILink. Kami pun mencicil rumah mewah di Pekanbaru seharga Rp 1 miliar itu, cicilannya tinggal dua tahun lagi. Bisnis minimarket kami pun berkembang," tukasnya.

Sementara itu, Direktur Jaringan dan Layanan BRI, Arga M Nugraha mengungkapkan, bahwa AgenBRILink berperan penting dalam mewujudkan inklusi keuangan yang sesungguhnya bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Perseroan berharap dari kesuksean AgenBRILink Haji Rinaldi di wilayah Pekanbaru tersebut dapat menjadi contoh dan inspirasi bagi masyarakat yang lain. "BRI terus berupaya mendekatkan diri kepada masyarakat. Kami berharap AgenBRILink dapat terus berkontribusi mewujudkan inklusi keuangan dengan berbagai layanan banking & beyond banking transaction, sekaligus memberikan peningkatan taraf hidup masyarakat dengan menjadi AgenBRILink," jelas Arga. 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Menteri Erick Ungkap Peran Penting Agen BRILink di Masyarakat


(bul/bul)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading