Erick Larang BUMN Jadi Menara Gading, Sejahterakan Petani!

Market - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
30 January 2022 16:00
Infografis: Daftar 12 BUMN yang Bakal dapat PMN Rp 72,45 T di 2022

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir ingin perusahaan pelat merah ikut menyejahterakan masyarakat, terutama dari kalangan petani. Caranya adalah dengan membangun ekosistem dari hulu hingga hilir untuk berbagai komoditas.

"BUMN ini adalah sepertiga ekonomi Indonesia. Kalau jadi menara gading, enak dilihat nggak enak dipegang. Tapi jadi kapal induk untuk bangun keseimbangan ekonomi," ujar Erick dalam acara PMO Launching Kopi Nusantara dan Pelepasan Ekspor Kopi PT PPI di Lampung, Minggu (30/1/2022).

Ia menjelaskan ekosistem berhasil kalau petani sejahtera. Dalam konteks komoditas kopi, Erick bilang 96% produksi kopi dihasilkan petani.

Situasi itu berbeda dengan komoditas kelapa sawit yang mana 60% sudah dipegang oleh perusahaan swasta.

Selain itu, untuk menyejahterakan petani, Erick bilang butuh dukungan dari pihak pemerintah daerah, kementerian lainnya, hingga pihak swasta. Mulai dari penyediaan bibit, permodalan, hingga pembeli hasil tanam.

"Memang mau nanam-nanam saja. Off taker dibeli yang beli swasta dan BUMN. Dibantu eksportir. Tapi harus ada kepastian," jelasnya.

Dalam pilot project yang sudah dibangun Kementerian BUMN, ada 50 ribu petani yang sudah masuk binaan jadi ekosistem Mari Kita Majukan Usaha Rakyat (Makmur). Ini adalah program ekosistem yang memberikan kemudahan bagi petani.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Pengakuan Erick Thohir: Kami Sudah Tutup 70 BUMN


(miq/miq)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading