Ekonomi Mulai Pulih, Industri Perbankan Berangsur Membaik

Market - Lalu Rahadian, CNBC Indonesia
20 January 2022 12:35
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso Saat Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2022 dan Peluncuran Taksonomi Hijau Indonesia (Tangkapan Layar Youtube Jasa Keuangan)

Jakarta, CNBC Indonesia - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyambut baik penanganan pandemi COVID-19, sehingga memungkinkan untuk pulihnya sektor keuangan, terutama sektor perbankan yang memegang porsi pembiayaan terbesar di Tanah Air.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso bilang, sektor perbankan telah berangsur-angsur mengalami perbaikan dalam masa pandemi ini, yang ditunjukkan oleh kredit yang tumbuh 5,2% yoy selama 2021.

"NPL gross terkendali pada level 3% dan cenderung turun dari tahun lalu sebesar 3,06%,' tuturnya dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2022, yang dihadari Presiden Joko Widodo, Kamis (20/1/20210.


Perbaikan kualitas kredit didukung oleh kucuran kredit baru seiring dengan mulai pulihnya perekonomian nasional, dan Kembali berjalannya mobilitas masyarakat. OJK pun turut mendukung pemulihan ini dengan tetap menjalankan kebijakan restrukturisasi kredit kepada para debitur yang terpapar pandemic COVID-19.

Dalam masa pandemi COVID-19, OJK mencatat kredit restrukturisasi Covid-19 telah turun menjadi Rp693,6 triliun, jauh di bawah angka tertinggi Rp830,5 triliun pada tahun 2020. Dari jumlah tersebut, telah dibentuk pencadangan sebesar 14,85% (Rp103 triliun).

Tidak ketinggalan, Wimboh juga menekankan, bahwa permodalan perbankan terjaga jauh di atas threshold minimum. " Yaitu sebesar 25,67% dengan likuiditas yang ample, didukung juga dengan pertumbuhan Dana Pihak Ketiga sebesar 12,21%," tuturnya. 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ekonomi RI Membaik, OJK Beberkan Fakta-faktanya


(bul/bul)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading