Deal! Medco Caplok ConocoPhillips Indonesia Rp 19 T

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
20 January 2022 09:20
Medco e&p natuna temukan cadangan gas di perairan natuna. (SKK Migas)

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan energi PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) bakal segera mengakuisisi ConocoPhillips Indonesia Holding Ltd. Nilai transaksi akuisisi ini akan bernilai sebesar US$ 1,35 miliar atau kisaran Rp 19,37 triliun (asumsi kurs Rp 14.300/US$).

Berdasarkan keterbukaan informasi yang dirilis perusahaan, akuisisi ini dilakukan melalui Medco Energi Global Pte. Ltd. (MGE), anak perusahaan yang dimiliki 100% oleh Medco secara tidak langsung melalui Medco Strait Services Pte. Ltd.

MGE telah menandatangani Perjanjian Jual Beli Saham (Share Sale and Purchase Agreement/SPA) dengan Phillips International Invesments Inc. pada 8 Desember 2022 lalu.


Perusahaan akan meminta restu pemegang saham melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 25 Februari 2022 nanti.

Pertimbangan Medco melakukan transaksi adalah untuk meningkatkan nilai perusahaan dan terus berfokus pada integrasi yang efektif. Setelah akuisisi ini 78% produksi perusahaan akan terdiri dari gas dengan portfolio gas harga tetap yang lebih besar.

"Akuisisi ini akan menghasilkan pertumbuhan nilai secara bertahap (accretive) dan credit positive, serta ruang lingkup sinergi yang meningkat secara signifikan," tulis keterbukaan informasi tersebut, dikutip Kamis (20/1/2022).

Setelah akuisisi ini, perusahaan akan menjadi pemasok gas pipa utama ke Singapura. Perusahaan juga akan memiliki skala operasi dengan offtake jangka panjang dan kontrak yang didukung take or pay dengan counterpart yang memiliki kualitas tinggi dari perusahaan BUMN.

Nantinya perusahaan juga akan memiliki cash cost Corridor sebesar USD 4-5/boe akan mendukung komitmen cash cost di bawah US$ 10/boe.

Perusahaan juga akan memiliki Restricted Group dan total hutang akan meningkat setelah pengambilalihan, namun kontribusi ekuitas sebesar 37% dan perolehan kas yang kuat akan memungkinkan leverage akan kembali ke tingkat sebelum akuisisi pada tahun 2023-2024.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Manajemen Medco Group: Terima Kasih Bapak Arifin Panigoro!


(mon/mon)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading