Perusahaan Korea KB Securities Ambil Alih Valbury Sekuritas

Market - Tri Putra, CNBC Indonesia
11 January 2022 14:07
Valbury Sekuritas

Jakarta, CNBC Indonesia - Aksi korporasi berupa Merger & Acquisition (M&A) terjadi di awal tahun 2022. Kali ini melibatkan perusahaan sekuritas.

Adalah KB Securities Co., Ltd. (KB Securities) sebagai perusahaan sekuritas yang didirikan berdasarkan hukum negara Korea berencana untuk mengambil alih perusahaan sekuritas yakni PT Valbury Sekuritas Indonesia (CP).

Adapun jumlah saham yang diambil alih mencapai 65%. Pengumuman tersebut dirilis pada hari ini, Selasa (11/1/2022).


Berdasarkan pengumuman tersebut, PT Valbury Sekuritas Indonesia merupakan perusahaan induk PT Valbury Capital Management. Sehingga secara tidak langsung, pengambilalihan ini akan menyebabkan perubahan pengendalian dalam Valbury Capital Management. 

Sebagai informasi, menurut data Bursa Efek Indonesia (BEI), sebanyak 99,96% saham Valbury Sekuritas dimiliki oleh PT Gading Danalestari.

Sebagai informasi pada periode Januari - September 2021, Valbury Sekuritas Indonesia mencatatkan nilai transaksi saham sebesar Rp 79,7 triliun dan menduduki peringkat ke 18 dengan market share 1,66%.

Masuknya KB Securities ke pasar Indonesia lewat jalur anorganik (akuisisi) ini merupakan sebuah bentuk strategi ekspansi perusahaan.

Bisnis broker saham di Indonesia memang sedang berkembang pesat. Hal ini tak terlepas dari pertumbuhan investor saham yang pesat saat pandemi Covid-19 terjadi.

Data per 29 Desember 2021 menunjukkan bahwa jumlah investor pasar modal di Tanah Air telah meningkat 92,7% menjadi 7,48 juta investor dari sebelumnya 3,88 juta investor per akhir Desember 2020.

Berbeda dengan tren sebelum pandemi di mana asing masih menjadi penguasa di pasar modal domestik, adanya wabah justru membuat investor terutama ritel domestik bangkit.

Momentum kebangkitan investor ritel inilah yang tak mau dilewatkan oleh perusahaan broker saham baik lokal maupun asing. 


[Gambas:Video CNBC]

(trp/vap)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading