Internasional

Gegara Rokok, Inflasi Eropa Cetak Rekor Tertinggi Sejak 1997!

Market - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
08 January 2022 08:15
The logo of the European Central Bank (ECB) is pictured outside its headquarters in Frankfurt, Germany, April 26, 2018. REUTERS/Kai Pfaffenbach

Jakarta, CNBC Indonesia - Inflasi di kawasan Eropa melonjak dan mencetak rekor tertinggi sejak 1997 silam. Tingkat inflasi di negara-negara Eropa menembus angka 5% pada akhir Desember 2021.

Melansir Reuters, Sabtu (8/1/2022), angka inflasi naik dari 4,9% pada November lalu dan jauh di atas target yang ditetapkan oleh bank sentral Eropa (ECB) yaitu 2%.

Meski demikian, ECB tetap meyakini bahwa tren inflasi yang terjadi saat ini hanya bersifat sementara dan secara bertahap akan turun pada 2023 mendatang, setelah mencapai level tertingginya tahun ini.


Tren kenaikan inflasi di kawasan Eropa tak lepas dari terjadinya lonjakan harga yang disebabkan oleh kenaikan harga gas dan listrik dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir.

Pada akhir tahun lalu, terjadi kenaikan harga tahunan energi hingga 26%, jauh di depan produk lain yang disurvei Eurostat. Sementara harga makanan, alkohol dan tembakau naik 3,2% di atas barang industri 2,9%, dan jasa 2,4%.

Adapun kenaikan harga tertinggi terjadi di Spanyol sebesar 6,7% dan Jerman sebesar 5,7%. Adapun kenaikan moderat hanya terjadi di Italia dan Prancis, berdasarkan data Eurostat.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Harga Minyak Goreng Turun, Ini Dampaknya ke Inflasi RI


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading