Bukalapak (BUKA) Bakal Punya CEO Baru, Simak Rekam Jejaknya

Market - Dityasa Hanin Forddanta, CNBC Indonesia
05 January 2022 13:53
Willix Halim Jadi Plt Dirut Bukalapak

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) bakal mengusulkan sejumlah nama untuk mengisi struktur jajaran direksi. Usulan ini dilakukan menyusul masih kosongnya kursi chief executive officer (CEO) unicorn pertama di Bursa Efek Indonesia (BEI) tersebut.

Kursi CEO BUKA saat ini diisi oleh Willix Halim sebagai pelaksana tugas (Plt) CEO. Willix juga menjadi kandidat paling kuat untuk mengisi kekosongan kursi yang ditinggalkan CEO sebelumnya, Rachmat Kaimuddin.

Willix bergabung dengan BUKA sebagai Chief Operating Officer (COO) BUKA pada 2016. Ia bertanggung jawab atas transformasi BUKA menjadi unicorn, mengembangkan Mitra Bukalapak, hingga memperluas variasi produk dan layanan digital Bukalapak.


Willix mendapatkan gelar sarjana Computer Science & Mechatronics dengan First Class Honors pada tahun 2009 dari University of Melbourne. Ia adalah siswa dengan prestasi tertinggi atawa valedictorian di angkatannya pada 2009.

"Usulan kandidat ini akan dilakukan pada rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) yang dilakukan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku," ujar Perdana Saputro, Corporate Secretary BUKA dalam keterangan resmi, Rabu (5/1/2022).

Selain Willix, nama lain yang juga bakal masuk dalam struktur manajemen adalah, Howard Nugraha Gani dan Victor Putra Lesmana.

Howard merupakan alumni Ericsson Australia. Ia melanjutkan kariernya di Bain & Company selama lebih dari 3 tahun, sebelum akhirnya bergabung di Bukalapak. Howard telah memimpin inisiatif-inisiatif utama Mitra Bukalapak dan saat ini menjabat sebagai CEO PT Buka Mitra Indonesia.

Victor Lesmana adalah kandidat yang memiliki pengalaman luas di beragam industri seperti layanan keuangan, teknologi, consumer goods, M&A, dan supply chain berkat pengalamannya di IBM USA, China, dan Singapura, serta di The Boston Consulting Group (BCG).

Saat ini Victor memimpin berbagai divisi inti di Bukalapak, termasuk Marketplace, Digital Products, Logistics & Supply Chain, Payment, Financial Technology dan New Businesses.

Jika RUPSLB menyetujui kandidat tersebut, maka struktur jajaran direksi BUKA yang baru adalah sebagai berikut.

- Direktur Utama/CEO: Willix Halim

- Direktur: Teddy Nuryanto Oetomo

- Direktur: Natalia Firmansyah

- Direktur: Howard Nugraha Gani 

- Direktur: Victor Putra Lesmana


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Saham Kena ARB 7%, Ada Apa dengan Bukalapak Hari Ini?


(dhf/vap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading