Masuk Allo Bank (BBHI), Bukalapak Rogoh Kocek Rp 1,19 T

Market - Vega Aulia Pradipta, CNBC Indonesia
05 January 2022 07:54
Bukalapak (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bukalapak.com (BUKA) bakal menggelontorkan dana hingga Rp1,19 triliun untuk berpartisipasi dalam penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue PT Allo Bank Indonesia Tbk (BBHI).

Hal itu diungkapkan Corporate Secretary Bukalapak Perdana A. Saputro dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (5/1/2022).

"Harga pelaksanaan atas investasi saham di Allo Bank dan dana yang disediakan Perseroan seluruhnya berjumlah Rp 1.193.956.479.634 atau senilai Rp 478 per saham," ujarnya.


Pihak BEI mempertanyakan sumber dana Bukalapak dalam pelaksanaan HMETD BBHI tersebut. Pihak Bukalapak menjawab, sumber dana yang akan dipergunakan adalah dana yang tersedia pada perseroan saat ini.

Bukalapak berencana untuk melakukan investasi pada saham-saham yang akan diterbitkan oleh PT Allo Bank Indonesia Tbk (Allo Bank) dalam rangka penawaran umum terbatas III Allo Bank melalui pelaksanaan HMETD yang diterima oleh perseroan dari PT Mega Corpora.

Berdasarkan Prospektus yang diterbitkan oleh Allo Bank pada tanggal 3 Januari 2022, distribusi HMETD tersebut direncanakan untuk dilakukan pada tanggal 12 Januari 2022 dan pencatatan HMETD Allo Bank tersebut direncanakan untuk dilakukan pada tanggal 13 Januari 2022. Sedangkan periode penyerahan Saham HMETD tersebut di jadwalkan pada tanggal 17 sampai dengan 21 Januari 2022.

Setelah dilakukannya penyerahan saham HMETD kepada Perseroan, maka Perseroan akan memiliki 2.497.816.903 saham Allo Bank dengan nilai nominal Rp 100 per saham, yang mewakili 11,49% dari total saham di Allo Bank.

Hal itu dengan asumsi bahwa seluruh pemegang saham Allo Bank dan investor yang mendapatkan pengalihan HMETD melaksanakan haknya untuk membeli saham baru Allo Bank dalam Penawaran Umum Terbatas III.

Bukalapak menyatakan investasi di Allo Bank diharapkan dapat memberikan potensi sinergi dengan Perseroan karena melengkapi penawaran layanan keuangan Perseroan yang sudah ada seperti perbankan digital, pinjaman, dan remittance domestik.

"Perseroan bermaksud untuk mengambil langkah-langkah untuk mendorong pertumbuhan Allo Bank dengan menyediakan akses ke basis pelanggan dan pedagang Perusahaan yang besar dan berkembang," ujar Perdana.

Sehingga, Perseroan dapat mengoptimalkan konektivitasnya dengan vertikal-vertikal baru di pasar UMKM. Kerja sama ini dapat mengembangkan penawaran Perseroan serta menyediakan aksesibilitas kredit bagi para pelaku usaha dan Mitra Perseroan di area pedesaan.

"Dengan menggabungkan kapabilitas teknologi dengan touchpoint offline, Perseroan dapat makin mengakselerasi implementasi layanan perbankan ke seluruh Tanah Air - selaras dengan kebijakan inklusi finansial pemerintah," ujarnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Saham Kena ARB 7%, Ada Apa dengan Bukalapak Hari Ini?


(vap/vap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading