Sosok Dirut PTBA Arsal Ismail Tak Asing dengan Batu Bara lho

Market - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
23 December 2021 17:40
Arsal Ismail (Tangkapan layar PT Jasa Marga TBK)

Jakarta, CNBC Indonesia - Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Bukit Asam Tbk (PTBA) hari ini, Kamis (23/12/2021), memutuskan untuk merombak jajaran manajemen perusahaan.

Dari RUPSLB tersebut, PTBA memiliki Direktur Utama baru, yaitu Arsal Ismail.

Sebelum ditunjuk sebagai Dirut PTBA, Arsal menjabat sebagai Direktur Pengembangan Usaha PT Jasa Marga Tbk (JSMR).


"Selama karier saya, saya sudah beberapa kali memegang beberapa perusahaan, terakhir saya bekerja di Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga," jelasnya dalam konferensi pers usai RUPSLB PTBA, Kamis (23/12/2021).

Sebagai informasi, Arsal merupakan Alumni Universitas Indonesia dan sudah tidak asing dengan bisnis batu bara. Arsal tercatat pernah menjabat sebagai Presiden Direktur PT Putra Mubacoal pada 2012-Juni 2020, Presiden Direktur PT Nuansa Coal Investment pada 2016-2017, dan Presiden Direktur PT BSPC.

Ketiga perusahaan tambang tersebut terafiliasi dengan MNC Group, milik taipan Hary Tanoesoedibjo. Dirinya juga pernah menjabat sebagai Direktur PT Kresna Kusuma Dyandra Marga 2005-2010 dan terlibat pembangunan Jalan Tol Becakayu.

Selain Arsal, RUPSLB PTBA juga menyetujui pengangkatan Suherman sebagai Direktur SDM, Rafli Yandra sebagai Direktur Pengembangan Usaha.

Adapun Rafli Yandra sebagai Direktur Pengembangan Usaha PTBA yang baru mengungkapkan akan melanjutkan apa-apa yang sudah dilakukan oleh direksi sebelumnya.

"Kita akan evaluasi dan review apa yang akan dibuat selanjutnya," ungkap Rafli.

Selain nama baru, ada juga nama lama mengisi jajaran direksi PTBA, Suherman yang baru diangkat sebagai Direktur Sumber Daya Manusia (SDM), sebelumnya pernah menjabat sebagai Sekretaris Perusahaan PTBA.

"Alhamdulillah penugasan hari ini di jam 2, merupakan penugasan amanah yang cukup berat, karena agak jauh dari kompetensi yang saya geluti sebelumnya, yaitu bidang keuangan. Mudah-mudahan, penugasan yang diberikan pemegang saham bisa saya laksanakan dengan baik," ungkap Suherman.

Adapun Farida Thamrin, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PTBA - yang sama seperti jabatan sebelumnya - mengaku sangat berbahagia dengan rekan-rekannya dan optimistis ke depan akan ada perkembangan baru, bukan cuma di bidang batu bara, namun energi secara keseluruhan.

Suhedi, Direktur Operasi dan Produksi PTBA, juga yakin dengan jajaran direksi yang baru PTBA akan lebih baik, apalagi menurutnya Arsal sudah lama menggeluti bidang batu bara.

"Pak Dirut tantangan kita cukup besar, apalagi dengan harga batu bara belum stabil. Ditambah lagi, dengan emisi karbon yang maju-mundur, namun dengan kerja sama dan kekompakan, Insya Allah akan lebih baik," tutup Suhedi.

Berikut susunan pengurus PTBA yang baru, menjadi sebagai berikut:

Dewan Komisaris:

Komisaris Utama/ Komisaris Independen: Agus Suhartono
Komisaris Independen: Andi Pahril Pawi
Komisaris: Devi Pradnya Paramita
Komisaris: Irwandy Arif
Komisaris: Edmar Piterdono Hamzah
Komisaris: Carlo Brix Tewu

Dewan Direksi:

Direktur Utama: Arsal Ismail
Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko: Farida Thamrin
Direktur Operasi dan Produksi: Suhedi
Direktur Sumber Daya Manusia: Suherman
Direktur Pengembangan Usaha: Rafli Yandra.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Pegawai PTBA Galang Donasi Bantu Warga Terdampak Covid-19


(wia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading