Tajir Melintir! Ini Daftar Orang Terkaya RI, Ada Raffi Ahmad?

Market - Redaksi, CNBC Indonesia
20 December 2021 06:45
Infografis, 10 Orang Terkaya di Nusantara

Jakarta, CNBC Indonesia - Forbes kembali merilis daftar 50 orang terkaya Indonesia. Total kekayaannya mencapai US$ 162 miliar atau setara Rp 2.316,6 triliun dengan asumsi kurs Rp 14.300/US$.

Berdasarkan catatan CNBC Indonesia, Rabu (15/12/2021), harta orang terkaya Indonesia meningkat drastis dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar US$ 133 miliar. Ini dikarenakan lonjakan pada Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)


R. Budi dan Michael Hartono masih menduduki puncak daftar tersebut lewat kepemilikan PT Bank Bank Central Asia (BCA) Tbk dan Djarum.

Tapi sayangnya dari daftar tersebut tidak ada nama Raffi Ahmad atau Baim Wong. Bisa jadi karena perhitungan kekayaan berdasarkan kepemilikan saham seseorang atau keluarga di sebuah perusahaan terbuka.

Menurut catatan Forbes, dalam 15 tahun, jumlah orang dengan kekayaan lebih dari US$ 1 miliar (billionaire) di dunia meningkat drastis dari 793 individu tahun 2006 menjadi 2.755 pada daftar tahun 2021. Total kekayaan gabungan juga meningkat drastis dari semula US$ 2,6 triliun, melonjak lebih dari 4 kali lipat menjadi US$ 13,1 triliun.

Meski demikian di Indonesia daftar orang terkaya, masih didominasi oleh pemain lama, dengan nyaris setengah dari daftar 40 orang terkaya di Indonesia tahun 2006, namanya kembali muncul di daftar tahun 2021, termasuk mereka yang sudah meninggal dunia yang bisnisnya dilanjutkan oleh anak dan keluarga.

Menurut data yang diterbitkan Forbes 19 dari 40 orang terkaya tahun 2006, namanya masih muncul 15 tahun kemudian pada tahun ini.

Putera Sampoerna yang tahun 2006 berada di posisi kedua, tahun ini turun ke posisi 25 dengan kekayaan saat ini mencapai US$ 1,8 miliar.

Beberapa nama lain, memang secara tidak langsung namanya tercatat melainkan berasal dari grup yang sama, bagian dari warisan akibat sang pemilik telah meninggal dunia. Seperti Anthoni Salim yang memang tahun 2006 namanya tidak ada, tetapi kala itu ada nama Liem Sioe Liong atau Soedono Salim nangkring di peringkat 10 orang terkaya kala itu, yang tahun 2012 lalu meninggal dunia. Saat ini kekayaan keluarga Salim ditaksir mencapai US$ 8,5 miliar dan merupakan orang terkaya ketiga di Indonesia.

Sama dengan Salim, meski Eka Tjipta yang tahun 2006 tercatat sebagai orang terkaya ketiga di Indonesia telah meninggal dunia, keluarganya masih menguasai harta tersebut dan mampu naik ke peringkat kedua tahun ini, dengan taksiran kekayaan mencapai US$ 9,7 miliar.

Nama-nama lain yang masih masuk daftar orang terkaya Indonesia 15 tahun kemudian termasuk Prajogo Pangestu, Eddy Katuari, Peter Sondakh, Mochtar Riady, Martua Sitorus, Husain Djojonegoro, Chairul Tanjung, Sjamsul Nursalim, Edwin Soeryadjaya, Kartini Muljadi dan Ciputra.

Meski demikian beberapa nama baru mampu mendobrak dan masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Pemain-pemain baru tersebut masuk salah satunya berkat kinerja saham dari perusahaan yang dimiliki mampu melonjak signifikan. Selain Jerry Ng yang mulai masuk tahun lalu di posisi 44, ada juga nama trio pendiri emiten teknologi DCI Indonesia (DCII) dan Indointernet (EDGE) yang harga sahamnya melejit tahun ini sejak Penawaran perdana tahun ini.

10 Orang Terkaya RI, Ini Daftarnya!
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading