Uang Rp 100 M untuk Beli Saham, Intip Gurita Bisnis Kaesang

Market - Chandra Dwi, CNBC Indonesia
16 December 2021 09:10
Kaesang Pangarep saat berada di acara peresmian Sang Pisang cabang ke 56 di kawangan Kemang, Jakarta Selatan (CNBC Indonesia/Fitriyah Said)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tagar #DarimanaDuitKaesang sempat menjadi trending topic di Twitter pada Rabu (15/12/2021) pagi hingga siang hari.

Putra bungsu dari Presiden Joko Widodo tersebut memang acap kali menjadi sorotan publik. Pada awal November lalu, Kaesang tercatat membeli saham emiten pengolahan makanan beku berbasis udang, yakni PT Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP) sebanyak 8% melalui perusahaannya yaitu GK Hebat senilai Rp 92 miliar.

Walaupun hanya 8% dan nilainya kurang dari Rp 100 miliar, namun angka tersebut tergolong lumayan besar untuk anak muda sekelas Kaesang yang baru berusia 26 tahun tersebut.


Lantas sebenarnya dari mana semua uang Kaesang berasal?

Sebenarnya tak perlu kaget dan bertanya-tanya dari mana uang Kaesang berasal. Sejak usia muda, Kaesang sudah menjadi content creator, pebisnis higga investor saham.

Apalagi, pamor sebagai 'anak presiden' dimanfaatkan oleh Kaesang dengan baik dalam memproduksi konten dan memperdagangkan bisnisnya.

Berdasarkan penelusuran CNBC Indonesia, Kaesang tercatat memiliki 10 bisnis yang bergerak di sektor makanan dan minuman (F&B) hingga fashion.

Berikut ini adalah gurita bisnis anak terakhir Presiden Joko Widodo tersebut:

1. Sang Pisang

Bisnis olahan pisang ini menjadi bisnis yang paling besar dimiliki oleh Kaesang, di mana kini sudah tersebar di 25 kota dengan lebih dari 73 outlet dan sekarang sudah memiliki 1.500 orang karyawan.

2. Hompimpa Gamers

Hompimpa Gamers merupakan bisnis hiburan yang menjual berbagai macam produk board game dengan merk Hompimpa Games yang membawa pesan toleransi dan mengedepankan budaya nusantara.

3. Sang Javas

Sang Javas adalah merek clothing line dengan gambar kecebong. dalam desain kaosnya. Bahkan pada saat pertama kali diluncurkan, merek ini berhasil menarik perhatian netizen saat itu

Menurut Kaesang Pangarep, gambar kecebong layaknya potongan komik pada bagian depan kaus terinspirasi dari perilaku masyarakat di media sosial. Di Indonesia, Cebong sendiri merupakan panggilan untuk pendukung berat Jokowi saat pemilihan presiden tahun 2014 silam.

4. Ternakopi

Kaesang juga merintis bisnis minuman olahan kopi dengan nama Ternakopi. Bisnis ini dijalankannya bersama dengan sang kakak pertamanya yakni Gibran Rakabuming Raka.

5. Madhang

Kaesang juga meluncurkan aplikasi Madhang, di mana aplikasi ini dibuat untuk menjembatani ibu-ibu yang jago masak dengan pembeli. Aplikasi ini pun berhasil membantu banyak ibu rumah tangga untuk mandiri secara finansial.

6. Siap Mas

Masih di bidang kuliner, Kaesang juga membentuk brand Siap Mas. Usaha ini menghadirkan produk minuman dan makanan ringan seperti keripik dengan nama Ngedrink dan Kemripik di berbagai minimarket.

7. Mangkok Ku

Kaesang juga membuka bisnis restoran bersama dengan Chef Arnold Poernomo dan sang kakak, Gibran dengan nama Mangkok Ku. Kini setelah sang kakak terjun ke dunia politik, bisnis yang berlokasi di Jalan Tanjung Duren Raya, Jakarta Barat ini diserahkan kepada Kaesang Pangarep.

8. Chili Pari

Bisnis Gibran lainnya yang diserahkan ke Kaesang Pangarep adalah Chili Pari, yang merupakan usaha katering. Usaha ini didirikan sejak Desember 2010 lalu.

9. Markobar

Markobar menjual aneka martabak. Selain makanan, bisnis Gibran yang diserahkan ke Kaesang Pangarep ini juga mencakup bisnis di bidang reparasi produk Apple dengan nama Icolor dengan konsep jemput bola.

Gibran juga memiliki bisnis e-commerce dengan berjualan jas hujan bermerek Tugas Negara Bos. Jas hujan ini dijual melalui online di sejumlah aplikasi belanja online.

10. Goola

Startup yang menjual minuman ini awalnya milik Gibran dan diserahkan ke Kaesang Pangarep dengan menawarkan produk minuman tradisional khas Indonesia seperti Es Doger yang dikemas lebih modern.

Melihat bisnis Kaesang yang menggurita tersebut, terutama di sektor yang turnover-nya tinggi sebenarnya wajar saja jika Kaesang memiliki cuan banyak sebagai pebisnis. Belum lagi cuan yang ia terima dari berbagai konten yang dibuat.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Dear Milenial, Ini Pesan Kaesang Kalau Mau Beli Saham


(chd/chd)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading