Belasan Tahun, Daftar Orang Terkaya RI ya Itu-itu Saja!

Market - Feri Sandria, CNBC Indonesia
15 December 2021 16:01
INFOGRAFIS, Sukanto Tanoto, Raja Sawit Beli Istana di Jerman

Jakarta, CNBC Indonesia - Forbes yang mulai merilis daftar orang terkaya dunia sejak tahun 1987, kembali menerbitkan daftar terbaru untuk tahun 2021. Tidak mengejutkan dan masih sama dengan beberapa tahun sebelumnya, nama Hartono bersaudara masih nangkring di peringkat pertama daftar orang terkaya.

Menurut catatan Forbes, dalam 15 tahun, jumlah orang dengan kekayaan lebih dari US$ 1 miliar (billionaire) di dunia meningkat drastis dari 793 individu tahun 2006 menjadi 2.755 pada daftar tahun 2021. Total kekayaan gabungan juga meningkat drastis dari semula US$ 2,6 triliun, melonjak lebih dari 4 kali lipat menjadi US$ 13,1 triliun.

Meski demikian di Indonesia daftar orang terkaya, masih didominasi oleh pemain lama, dengan nyaris setengah dari daftar 40 orang terkaya di Indonesia tahun 2006, namanya kembali muncul di daftar tahun 2021, termasuk mereka yang sudah meninggal dunia yang bisnisnya dilanjutkan oleh anak dan keluarga.


Tahun 2006 Sukanto Tanoto merupakan orang terkaya di Indonesia, saat ini meski posisinya turun jauh ke posisi 21 orang terkaya, dengan harta berjumlah US$ 2,1 miliar atau setara dengan Rp 30,13 triliun (kurs Rp 14.350/US$).

Keluarga Hartono yang saat ini memimpin di puncak dengan gabungan kekayaan US$ 42,6 miliar atau lebih dari Rp 600 triliun, 15 tahun lalu berada di peringkat kelima orang terkaya di Indonesia.

Menurut data yang diterbitkan Forbes 19 dari 40 orang terkaya tahun 2006, namanya masih muncul 15 tahun kemudian pada tahun ini.

Putera Sampoerna yang tahun 2006 berada di posisi kedua, tahun ini turun ke posisi 25 dengan kekayaan saat ini mencapai US$ 1,8 miliar.

Beberapa nama lain, memang secara tidak langsung namanya tercatat melainkan berasal dari grup yang sama, bagian dari warisan akibat sang pemilik telah meninggal dunia. Seperti Anthoni Salim yang memang tahun 2006 namanya tidak ada, tetapi kala itu ada nama Liem Sioe Liong atau Soedono Salim nangkring di peringkat 10 orang terkaya kala itu, yang tahun 2012 lalu meninggal dunia. Saat ini kekayaan keluarga Salim ditaksir mencapai US$ 8,5 miliar dan merupakan orang terkaya ketiga di Indonesia.

Sama dengan Salim, meski Eka Tjipta yang tahun 2006 tercatat sebagai orang terkaya ketiga di Indonesia telah meninggal dunia, keluarganya masih menguasai harta tersebut dan mampu naik ke peringkat kedua tahun ini, dengan taksiran kekayaan mencapai US$ 9,7 miliar.

Susilo Wonowidjojo yang merupakan orang terkaya ketujuh tahun ini tidak muncul di daftar tahun 2006, tetapi ada nama mendiang kakaknya Rachman Halim di posisi keempat yang merupakan anak pertama dari Tjoa Jien Hwie alias Surya Wonowidjoy pendiri Gudang Garam.

Boenjamin Setiawan merupakan salah satu taipan dengan peningkatan peringkat tertinggi, di mana tahun 2006 ia berada di posisi 34, tahun ini mampu masuk 10 besar di posisi delapan dengan kekayaan US$ 4,2 miliar.

Nama-nama lain yang masih masuk daftar orang terkaya Indonesia 15 tahun kemudian termasuk Prajogo Pangestu, Eddy Katuari, Peter Sondakh, Mochtar Riady, Martua Sitorus, Husain Djojonegoro, Chairul Tanjung, Sjamsul Nursalim, Edwin Soeryadjaya, Kartini Muljadi dan Ciputra.

Meski demikian beberapa nama baru mampu mendobrak dan masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Pemain-pemain baru tersebut masuk salah satunya berkat kinerja saham dari perusahaan yang dimiliki mampu melonjak signifikan. Selain Jerry Ng yang mulai masuk tahun lalu di posisi 44, ada juga nama trio pendiri emiten teknologi DCI Indonesia (DCII) dan Indointernet (EDGE) yang harga sahamnya melejit tahun ini sejak Penawaran perdana tahun ini.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bos Djarum di Puncak, Inilah Daftar 10 Orang Terkaya RI 2021


(fsd/fsd)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading