Bos BRI Dinobatkan Jadi The Best CEO 2021

Market - Lalu Rahadian, CNBC Indonesia
14 December 2021 21:06
Sunarso Raih Penghargaan ' The Best CEO '

Jakarta, CNBC Indonesia - Media ekonomi terbesar dan terintegrasi CNBC Indonesia menggelar malam puncak CNBC Indonesia Awards 2021, sebagai bentuk apresiasi bagi korporasi atau badan usaha dan individu inspiratif dalam memimpin perusahaannya, serta kontribusi besarnya untuk perekonomian Indonesia.

Untuk kategori The Best CEO 2021, diberikan kepada sosok yang menunjukkan kinerja terbaik di tahun transisi 2021 dengan mampu menahkodai perusahaan di situasi menantang sembari memberikan nilai tambah terbaik bagi pemegang saham (shareholder) maupun pemangku kepentingan (stakeholder).

Atas inovasi dan terobosan yang dilakukan Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) Sunarso terpilih menjadi pemenang penghargaan The Best CEO 2021 di ajang CNBC Indonesia Awards 2021. Penghargaan ini diterima secara langsung oleh Sunarso pada malam puncak penghargaan di Ballroom The Langham, Jakarta.


"Tugas seorang CEO Create value tetapi dibuntuti risiko, strategi dan cara terbaik dalah selalu bertransformasi yang menjadi kebutuhan rutin, untuk itu BRI akan terus melanjutkan transformasi di digital dan culture agar senantiasa bisa melayani masyarakat sebanyak mungkin dengan biaya seminimal mungkin. Instan BRILian juga menumbuhkembangkan UMKM di Indonesia. Saya dedikasikan kepada UMKM di Indonesia yang saya lihat bersama BRI bahu-membahu bertahan dari berbagai kesulitan," kata Sunarso dalam sambutannya, Selasa (14/12/2021).

Di tengah situasi yang sulit seperti sekarang, Sunarso justru sukses menorehkan sejarah baru, dengan melakukan aksi korporasi berupa Penambahan Modal Dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD) atau rights issue senilai Rp 96 triliun.

Aksi korporasi ini dilakukan sebagai bagian formal dari proses pembentukan holding Ultra Mikro (UMi), dengan mengkonsolidasikan PT Pegadaian dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) di bawah BRI.

Meskipun nilai transaksinya jumbo dan menjadi yang terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, BRI sukses melaksanakan hajatan besar tersebut. Mayoritas investor pemegang saham BBRI mengeksekusi haknya (rights) yang berarti mereka optimistis terhadap prospek bisnis BRI.

Umumnya, investor bereaksi negatif terhadap rencana rights issue karena memaksa mereka merogoh kocek guna mempertahankan porsi persentase kepemilikan sahamnya. Namun dalam konteks BRI, investor justru menyambut positif karena rights issue itu merupakan bagian dari rencana strategis yang bakal memperkuat BRI dalam jangka panjang.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Dukung Ekonomi Kerakyatan, Holding Ultra Mikro Resmi Berdiri


(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading