Emiten Kosmetik Ini Rombak Jajaran Komisaris, Ada Apa?

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
26 November 2021 10:35
Manajemen PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) (Dok: Victoria Care Indonesia) Foto: Manajemen PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) (Dok: Victoria Care Indonesia)

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan manufaktur kosmetik PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) mengangkat dia komisaris baru dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang diselenggarakan Kamis (26/11/2021).

Dua komisaris yang diangkat ini adalah Van Schoote Christian Pierre B sebagai Komisaris Independen dan Arliadi Mahadi sebagai Komisaris.

Direktur Utama Victoria Care Indonesia Billy Hartono Salim mengatakan masuknya dua komisaris ini sejalan dengan program perusahaan untuk mengembangkan bisnis sekaligus mengurangi dampak yang ditimbulkan terhadap lingkungan, serta meningkatkan manfaat positif bagi masyarakat.


"Melalui berbagai pengalaman dan tugas yang diembannya, kami yakin kehadiran Pak Van Schoote Christian Pierre B dan Pak Arliadi Mahadi dalam jajaran Dewan Komisaris akan berdampak positif dan memperkuat kinerja Perseroan di masa mendatang," kata Billy dalam siaran persnya, dikutip Jumat (26/11/2021).

Untuk diketahui, Van Schoote Christian Pierre B sebelumnya pernah mengisi posisi di PT You Indonesia - Komisaris (2020-2021), Bizzy Commerce - CEO dan Presiden Direktur (2019), Bhineka Mentaridimensi - COO, Investor, dan Direktur (2015-2018), Ancora Capital - Industry Partner (2010-2015), Konsultan Independen untuk Manajemen Kinerja dan M&A (2009-sekarang), Mitra Adi Perkasa Tbk - CEO (2008-2009), dan lainnya.

Sedangkan Arliadi Mahadi, sebelumnya pernah berkarir di KV Asia Capital - Direktur dan Market Head untuk Indonesia (2015-sekarang), DRx Clinic - Direktur (2018-2020), PT Belefina Sarana Medika - Direktur (2012-2015), Ancora Capital Management - Vice President (2010-2015), Global Product Planning di General Motors (GM) Detroit, Amerika Serikat - Market and Industry Analyst (2005-2007), dan lainnya.

Dengan demikian, berikut jajaran komisaris perusahaan:

  • Komisaris Utama : Luhur Dino Herlambang
  • Komisaris : Luhur Iwan Hernadi
  • Komisaris : Arliadi Mahadi
  • Komisaris Independen : Herbudianto
  • Komisaris Independen : Van Schoote Christian Pierre B

Berdasarkan penjelasan di laporan keuangan dan website resmi perusahaan, VICI merupakan perusahaan kosmetik dan perlengkapan mandi yang berdomisili di Jakarta dan memiliki pabrik yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah.

VICI memulai kegiatannya secara komersial pada 2007 dengan produk awal Victoria Body Scent dan Miranda Hair Color.

Dengan pengalaman lebih dari 13 tahun, VICI telah menciptakan merek-merek andalan perusahaan, seperti lulur Herborist, pewarna rambut Miranda, parfum Victoria, losion dan masker wajah Nu-Face, produk perawatan kulit Iria, produk perawatan rambut CBD dan parfum Sixsence.

Selain pasar domestik, VICI juga memiliki Divisi Internasional yang mencakup bisnis di pasar global. Saat ini VICI telah mengekspor sebagian besar produknya ke negara-negara Asia, seperti Jepang, Cina, Korea, Malaysia, Brunei Darussalam dan Hong Kong.

Berdasarkan laporan keuangan per 30 Juni 2021, laba bersih VICI turun 12,25% secara tahunan (year-on-year/yoy) menjadi Rp 67,54 miliar, dari laba bersih Rp 76,97 miliar pada semester I 2020.

Penurunan laba bersih tersebut diiringi dengan merosotnya penjualan bersih sebesar 2,38% secara tahunan menjadi Rp 521,14 miliar pada paruh pertama 2021.

Lebih rinci, penjualan perusahaan terdiri dari penjualan kepada pihak berelasi lokal dan pihak ketiga. Pada semester I tahun ini, penjualan kepada pihak berelasi tercatat sebesar Rp 36,20 miliar. Catatan saja, angka tersebut belum dikurangi dengan diskon dan returan penjualan sebesar Rp 676,35 juta.

Kemudian, penjualan neto kepada pihak ketiga mencapai Rp 485,62 miliar. Dari pos penjualan pihak ketiga ini, penjualan kepada pihak ketiga lokal mencapai Rp 684,48 miliar dan kepada pihak ketiga ekspor sebesar Rp 3,10 miliar.


[Gambas:Video CNBC]

(mon/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Baca Juga
Features
    spinner loading