Jokowi: Kemaren Ekonomi Rem Total, Kini Ngegas Lagi!

Market - Cantika Adinda Putri , CNBC Indonesia
24 November 2021 11:58
Presiden Joko Widodo dalam Acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2021 (Tangkapan Layar Youtube Bank Indonesia) Foto: Presiden Joko Widodo dalam Acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2021 (Tangkapan Layar Youtube Bank Indonesia)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyadari pelemahan ekonomi pada kuartal III-2021 terjadi akibat rem yang diinjak karena melonjaknya kasus covid-19. Maka dari itu, dari ekonomi tumbuh 7% di kuartal sebelumnya menjadi 3,5%.

"Kenapa bisa turun dari kuartal II ke kuartal III, karena bulan Juli PPKM darurat 1 bulan penuh, kita rem total karena varian delta yang tak disangka-sangka," ujar Jokowi dalam Pertemuan Tahunan BI (PTBI) 2021, Rabu (24/11/2021)


Kini ekonomi sudah kembali merangkak naik. Seiring dengan kasus covid yang semakin melandai hingga mobilitas masyarakat yang pulih.

"Pada saat ini, aktivitas ekonomi di urusan konsumsi, IKK sudah kembali normal seperti sebelum pandemi," jelasnya.

Jokowi mengakui bahwa tanda-tanda ekonomi nasional mulai terlihat. Namun, bukan berarti situasi sudah dalam keadaan aman, mengingat masih ada pandemi Covid-19.

"Tapi sekali lagi, ketidakpastian selalu mengintip. Hati-hati kita harus optimis kita juga harus tetap hati-hati," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading