KB Bukopin Bakal Rights Issue, KB Kookmin Jadi Standby Buyer

Market - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
09 November 2021 18:55
KB Bukopin

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP) akan segera merealisasikan Penawaran Umum Terbatas Keenam (PUT VI) untuk penerbitan saham baru dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue. Bank Bukopin juga telah mendapatkan pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Senin (8/11/2021) terkait aksi korporasi rights issue ini.

Selain itu, KB Kookmin sebagai pemegang saham utama BBKP juga menyatakan siap untuk menjadi pembeli siaga pada PUT ini.

President Director KB Bukopin Chang Su Choi, mengatakan apresiasinya dan berterima kasih kepada para pemegang saham dan regulator yang mendukung sejak proses awal dalam penambahan, modal hingga memperoleh pernyataan efektif dari OJK. Dengan penambahan modal ini, KB Bukopin optimistis bisa semakin mengembangkan bisnis dan mengatasi berbagai tantangan ke depannya.


"Kami telah berkomitmen untuk tumbuh dan berkembang untuk menjadi bank terkemuka di Indonesia, penambahan modal melalui right issue ini adalah bukti bahwa tekad kami didukung oleh seluruh shareholder KB Bukopin," kata Choi dalam keterangan tertulis, Selasa (9/11/2021).

Selain itu, pada pelaksanaan PUT VI, Bukopin akan menerbitkan saham baru kelas B sebanyak 35.214.288.984 saham kepada para pemegang saham. Penambahan Modal dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD) akan dibagikan kepada para pemegang saham Perseroan yang tercatat pada tanggal 18 November 2021 mendatang.

Lebih lanjut, KB Kookmin Bank selaku pemegang saham utama Perseroan menyatakan akan melaksanakan seluruh haknya untuk membeli saham baru yang ditawarkan dalam PUT VI ini, dengan jumlah sebesar Rp 4,72 triliun atau 23.593.682.494 saham.

KB Kookmin juga menyatakan siap untuk menjadi pembeli siaga pada Penawaran Umum Terbatas VI dengan akan mengeksekusi sisa HMETD yang tidak dilaksanakan oleh pemegang saham lain sebanyak-banyaknya 3.500.000.000 saham sebagaimana dinyatakan dalam Surat Pernyataan tertanggal 7 Oktober 2021.

"Kami telah berkomitmen untuk tumbuh dan berkembang untuk menjadi bank terkemuka di Indonesia, penambahan modal melalui right issue ini adalah bukti bahwa tekad kami di dukung oleh seluruh shareholder KB Bukopin," tegas Choi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Patuhi Qanun Aceh, KB Bukopin Konversi Layanan


(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading