Gokil! Jaga Ekonomi RI, Sri Mulyani Cs Pakai Gaya Tim Basket

Market - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
27 October 2021 15:25
Menkeu Sri Mulyani saat Konferensi pers KSSK : Perkembangan Makro Ekonomi & Sektor Keuangan Triwulan III Tahun 2021

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengibaratkan upaya menjaga stabilitas sistem keuangan Indonesia di masa pandemi Covid-19 ini layaknya bermain basket. Harus mengedepankan kerja sama dan tidak bisa mementingkan ego sendiri.

Seperti yang dijalankan pemerintah sebagai penjaga fiskal, Bank Indonesia sebagai penjaga moneter serta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dari pasar modal dan perbankan dalam penanganan pandemi covid.


"Jadi terlihat disini kami berempat ini seperti main basket, passing bolanya smooth, dan efektif dan pada akhirnya bisa kita melempar bola masuk ke ring," ujarnya dalam konferensi pers KSSK, Rabu (27/10/2021).

Bendahara negara ini menyebutkan, koordinasi yang erat ini diharapkan dapat menciptakan kebijakan yang tepat bagi seluruh masyarakat tanpa mengganggu tugas dari masing-masing baik dari sisi fiskal maupun moneter.

"Kita harap ini point guard bagi kita sekaligus pack guard, bisa maju, bisa belakang, bisa kita men-defense dan juga bisa offense," kata dia.

Koordinasi yang semakin erat di antara anggota KSSK ini bisa turut mendorong pemulihan ekonomi.

"Yang pasti kami berempat akan terus menjaga stabilitas sistem keuangan dan yakinkan bahwa sistem keuangan juga bekerja mendorong pemulihan ekonomi, memberikan dampak positif bagi masyarakat dalam bentuk kesempatan kerja, kesejahteraan dan keadilan," jelasnya.

Secara keseluruhan, Sri Mulyani menyebutkan stabilitas sistem keuangan Indonesia pada triwulan III-2021 dalam kondisi normal seiring penurunan signifikan kasus Covid-19.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading