Erick: Di Era Jokowi, RI Punya BSI yang Masuk 10 Besar Bank

Market - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
21 September 2021 13:30
Suasana pelayanan kantor cabang Bank Syariah Indonesia, Jakarta Senin (1/2). PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI/BRIS) resmi beroperasi. Direktur Utama BRIS Hery Gunardi menjelaskan bahwa integrasi ketiga bank BRIsyariah, BNI Syariah dan BSM telah dilaksanakan sejak Maret 2020 atau memakan waktu selama 11 bulan.

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebut di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Indonesia kini memiliki bank syariah terbesar.

Hal tersebut dikemukakan Erick Thohir saat mendampingi Jokowi meresmikan pabrik Hot Strip Mill 2 milik Krakatau Steel di Kota Cilegon, Banten, Selasa (21/9/2021).

"Alhamdulillah ini pertama kali di bawah kepemimpinan bapak presiden, Indonesia mempunyai bank syariah yang masuk 10 besar dari bank di Indonesia," kata Erick.

Bank Syariah indonesia (BSI) merupakan penggabungan tiga bank pelat merah syariah yaitu Bank Mandiri Syariah, Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah, dan Bank Negara Indonesia Syariah.

"Dari laporan yang kami lihat dan kami telusuri memang pertumbuhan dari pendanaan syariah ini performancenya saat ini lebih baik daripada bank konvensional di atas beberapa persen," jelasnya.

Erick menilai, keberadaan bank syariah bisa menjadi alternatif pendanaan untu masyarakat. Dalam beberapa tahun ke depan, pemerintah akan menjadikan BSI sebagai acuan di berbagai negara.

"Kita ingin 5 tahun ke depan, BSI bisa terus menjadi foot print Indonesia di berbagai negara seperti Saudi Arabia, dan ataupun beberapa negara seperti UEA, supaya kita juga bisa secara global punya bank syariah," jelasnya.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading