Tajir Melintir, Daerah-daerah Ini Kaya 'Harta Karun'!

Market - Robertus Andrianto, CNBC Indonesia
21 September 2021 06:30
Infografis: Jangan Kaget, Ini Daerah Penyimpan 'Harta Karun' Emas di RI

Jakarta, CNBC Indonesia - Komoditas tambang adalah salah satu andalan ekspor Indonesia. Beberapa tambang yang jadi andalan ekspor Indonesia adalah batu bara, emas, tembaga, dan nikel.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), ekspor komoditas tambang non-migas Tanah Air mencapai US$ 27,8 juta pada semester-I 2021 dengan rincian US$ 14 juta hasil tambang dan US$ US$13,8 dari pengolahan industri logam dasar.

Kekayaan alam hasil galian tersebut tersebar luas di tiap wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan. Mana saja daerah yang memiliki kekayaan tambang terbesar di Indonesia?


Kalimantan Timur, Sultan Batu Bara

Kalimantan Timur menjadi daerah yang memiliki sumber daya dan cadangan terbesar di Indonesia, Dihimpun dari data Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Kalimantan Timur memiliki sumber daya batu bara sebesar 59,7 miliar ton dan cadangan sebesar 10,9 miliar ton. Angka tersebut setara 42% sumber daya dan cadangan nasional.

Jika mengacu pada Harga Batu Bara Acuan (HBA) September 2021 sebesar US$ 150,03/ton, maka sumber daya batu bara Kalimantan Timur sebesar US$ 8,9 triliun dan cadangannya sebesar US$ 1,64 triliun.

Di provinsi ini terdapat perusahaan tambang batu bara 9terbesar di Indonesia yaitu PT Kaltim Prima Coal (KPC), anak usaha PT Bumi Resources Tbk(BUMI). KPC mengelola area konsesi pertambangan dengan luas mencapai 84,938 hektar dan memiliki kapasitas produksi batubara mencapai 70 juta ton per tahun.

Papua Surga Emas dan Tembaga
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading