Saingi IQOS, Gudang Garam Masuk ke Bisnis Rokok Elektrik

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
13 September 2021 11:15
Dok Istimewa

Jakarta, CNBC Indonesia - Emiten produsen rokok, PT Gudang Garam Tbk (GGRM) akan melakukan ekspansi ke bisnis rokok elektrik. Saat ini, perusahaan sudah mendirikan tiga anak usaha baru untuk menjalankan bisnis tersebut.

Menurut Direktur Gudang Garam Heru Budiman proses pendirian tiga anak usaha tersebut saat ini baru di tahap pembuatan akta perusahaan. Perseroan juga saat ini masih melihat perkembangan di pasar rokok elektrik di dalam negeri.

"Kita dari awal sudah menyiapkan dengan mendirikan PT memasuki rokok elektrik," kata Heru Budiman, dalam paparan publik pekan lalu.


Heru menjelaskan, ketiga perusahaan baru itu akan menjalankan fungsi yang berbeda, mulai dari impor bahan baku, produksi rokok elektrik dan distribusi.

"Sampai hari ini ketiga perusahaan itu tidak melakukan aktivitas apa-apa di bidang rokok elektrik, belum ada karyawannya," ujarnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Direktur Gudang Garam Istata Taswin Siddharta mengungkapkan, saat ini potensi bisnis rokok elektrik terus berkembang dan membuka persaingan baru di industri tersebut. Hanya saja, perseroan masih tetap memantau perkembangan pasar rokok elektrik dan belum melihatnya sebagai ancaman.

"Kita akan tetap monitor terus marketnya. Tapi untuk saat ini kami belum berencana terjun ke market tersebut," bebernya.

Catatan CNBC Indonesia, saat ini baru PT HM Sampoerna Tbk (HMSP), pesaing Gudang Garam yang sudah memperoleh izin pemasaran tembakau elektrik dengan merek IQOS dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA). Namun, produk ini masih dalam tes pasar dan belum diluncurkan ke publik.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading