Saat Erick Khawatir Keberlanjutan Kepemimpinan BUMN Terputus

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
25 August 2021 09:25
PLN produksi oksigen. Doc PLN.

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menghadiri acara "Merdeka Berkarya Berkontribusi untuk Indonesia" yang ditayangkan di Youtube BUMN Muda pada, Rabu (25/8/2021). Dalam kesempatan itu, Erick membicarakan sejumlah hal, salah satunya soal kepemimpinan yang berkelanjutan (sustainable leadership).

Menurut dia, manusia memiliki keterbatasan dalam hidup, termasuk umur. Oleh karena itu, penting sekali calon pemimpin, baik itu muda, wanita maupun yang hari ini menjabat, melakukan transformasi atau mengambil kebijakan yang sustainable.

"Ini yang terus terang saya sendiri sangat amat mengkhawatirkan ketika sustainability ini terputus," ujar Erick.

Menurut dia, hal itu juga menjadi kekhawatiran menteri pertama di Kementerian BUMN, yaitu Tanri Abeng.

"Di setiap pergantian Kementerian BUMN sudah terpikir tapi masalahnya sustain tidak antara satu kepemimpinan satu dan berikutnya," kata Erick.




Itulah mengapa sejak awal, dia berkomitmen dan memastikan sustainability transformasi terjadi di Kementerian BUMN. Tidak hanya berdasarkan pemikiran sesaat atau ego sepihak, namun benar-benar terjadi dan berkelanjutan.

Erick bilang hal itu sudah terbukti dari dua wakil menteri BUMN yang berusia lebih muda. Pun Deputi Bidang SDM, Teknologi, dan Informasi Kementerian ESDM Tedi Bharata yang baru berumur 38 tahun.

Bukti lain adalah keberadaan salah satu wanita yang menjabat sebagai deputi bidang keuangan dan manajemen risiko di Kementerian BUMN, yaitu Nawal Nelly. Kesetaraan jender, menurut Erick, dilakukan di semua lini kementerian.

"Pertanyaannya, bisa nggak ini berlanjut? Oleh karena itu, saya berharap forum human capital ini menjadi motor transformasi yang ingin kita lakukan bersama-sama," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading