Produksi Batu Bara PTBA H1 2021 13 Juta Ton, Naik 10,6%

Market - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
03 August 2021 15:32
PTBA/Bukitasam.co.id

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bukit Asam Tbk (PTBA) mencatat produksi batu bara pada semester I 2021 mencapai 13,27 juta ton atau naik 10,6% dari produksi batu bara semester I 2020 sebesar 12 juta ton.

"Produksi PTBA hingga semester I-2021 naik menjadi 13,27 juta ton," ungkap Sekretaris Perusahaan PTBA Apollonius Andwie C. kepada CNBC Indonesia, Selasa (03/08/2021).

Apollo mengatakan, kenaikan produksi pada semester I 2021 ini salah satunya dikarenakan faktor cuaca, yakni menurunnya frekuensi hujan. Faktor kedua adalah rata-rata jam kerja efektif yang meningkat.


"Tentu saja yang pertama karena faktor cuaca yakni frekuensi hujan menurun. Lalu, average effective working hour yang meningkat dan penambahan jumlah fleet tanah dan batu bara," jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, perusahaan optimistis jika produksi batu bara akan melonjak sampai akhir tahun. Pihaknya memperkirakan produksi batu bara sampai akhir tahun bisa mencapai 30 juta ton.

"PTBA optimistis bisa mencapai target produksi 30 juta ton hingga akhir tahun ini," lanjutnya.

Seperti diketahui, target produksi batu bara RI telah direvisi menjadi 625 juta ton pada tahun ini dari rencana semula 550 juta ton.

Mengenai hal ini, Suryo Eko Hadianto, Direktur Utama PTBA, sebelumnya sempat mengatakan bahwa ini menjadi peluang bagi PTBA untuk meningkatkan produksi.

Suryo mengatakan, target produksi batu bara perseroan pada 2021 ini minimal sebesar 30 juta ton. Bahkan, menurutnya perseroan memiliki potensi produksi hingga 36 juta ton.

"Ini peluang bagi PTBA. Jelas PTBA akan sesuaikan peningkatan ini, akan kami manfaatkan setidaknya produksi 30 juta ton di tahun ini, minimal, tapi peluang lain akan kami jajaki dengan Kementerian ESDM supaya dapatkan peluang yang lebih besar," paparnya.

Dia mengungkapkan, potensi peningkatan produksi batu bara perseroan bahkan lebih tinggi, yakni mencapai 3 juta ton per bulan.

"Kami akan tetap sesuaikan dengan kapasitas angkutan. Dari sisi kemampuan produksi, bisa 3 juta ton lebih per bulan atau sampai 36 juta ton per tahun potensinya sudah ada," tuturnya.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading