Berikut Kinerja 5 Aset Kripto Terpopuler, Siapa Paling Cuan?

Market - Chandra, CNBC Indonesia
09 June 2021 16:35
Ilustrasi/ Cryptocurrency / Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Walaupun masih dalam tren bearish jangka pendek, namun minat investor di mata uang kripto (cryptocurrency) masih cukup tinggi pada saat ini.

Secara global, ada sekitar 5.000 lebih jumlah kripto yang diperdagangkan saat ini. Namun dari 5.000 lebih tersebut, lima diantaranya cukup terkenal dikalangan investor, dengan tentunya berkapitalisasi pasar yang cukup besar dan likuiditasnya cukup tinggi.

Mengutip dari CoinMarketCap, Investing, dan CNN Indonesia, berikut rangkuman cryptocurrency yang kapitalisasi pasarnya bergerak dalam beberapa waktu terakhir.


1. Bitcoin (BTC)

Saat ini, harga satu Bitcoin dibanderol dengan harga sekitar US$ 33.000-an per koinnya atau sekitar Rp 460 juta per koinnya. Sedangkan kapitalisasi pasar Bitcoin saat ini mencapai US$ 615 miliar atau sekitar Rp 8.751 triliun.

Bitcoin termasuk salah satu uang kripto populer dan paling banyak diperdagangkan. Pertumbuhan nilai aset kripto ini terus mengalami peningkatan, walaupun harganya masih melemah.

Sejak muncul pertama kali, Bitcoin ditargetkan masuk pada skala perdagangan global termasuk peer to peer hingga digunakan sebagai digital cash, sehingga permintaannya tinggi.

2. Ethereum (ETH)

Sering disebut sebagai kripto alternatif, Ethereum sebenarnya adalah nama blockchain-nya, sedangkan nama koin digitalnya adalah Ether. Namun investor kripto lebih mengenalnya dengan Ethereum.

Saat ini, satu Ethereum dihargai sekitar US$ 2.400-an per koinnya atau sekitar Rp 35 juta per koinnya. Aset kripto Ethereum banyak diperdagangkan dan pencairan dananya tergolong mudah.

Sedangkan dari kapitalisasi pasarnya, Ethereum menduduki posisi kedua dengan perolehaan sebesar US$ 283 miliar atau setara dengan Rp 4.031 triliun.

Ethereum merupakan mata uang digital dengan konsep smart contract yang memungkinkan developer untuk merilis aplikasi di smartphone.

3. Binance Coin (BNB)

Saat ini, kapitalisasi pasar Binance Coin mencapai US$ 52,5 miliar atau setara dengan Rp 744 triliun. Harga satu Binance Coin saat ini mencapai US$ 339/koin atau setara dengan Rp 4,8 juta per koinnya.

Binance Coin diterbitkan oleh Binance Exchange pada 26 Juni hingga 3 Juli 2017 silam. Koin digital dengan kode BNB itu diperdangkan melalui blockchain yang sama dengan Ether, yakni Ethereum dengan jenis token ERC-20.

4. Cardano (ADA)

Menurut Investopedia, Cardano termasuk blockchain pertama dunia yang sistemnya lebih efisien.

Pada Mei tahun ini, Cardano menempati urutan ke-7 di pasaran dengan harga yang terus tinggi serta menjadi uang kripto paling aman untuk sekarang.

Adapun kapitalisasi pasar koin digital dengan kode ADA ini mencapai US$ 38,3 miliar atau setara dengan Rp 767,6 triliun. Harga satu Binance Coin saat ini dibanderol dengan harga US$ 353,39/koin atau setara dengan Rp 5,04 juta per koinnya

5. Dogecoin (DOGE)

Dogecoin pertama kali diciptakan oleh Billy Markus dan Jackson Palmer pada December 2013.Logo Dogecoin diciptakan dari jenis anjing asal Jepang, Shiba Inu. Pada awalnya, Dogecoin diciptakan atas dasar lelucon, seakan untuk mencemooh Bitcoin yang kala itu sedang naik daun.

Kini, Dogecoin digemari oleh sebagian besar investor kripto karena harganya masih sangat murah untuk satu koinnya. Harga satu Dogecoin kini dibanderol dengan harga US$ 0,33/koin atau setara dengan Rp 4.600-an per koinnya.

Adapun untuk kapitalisasi pasarnya, Dogecoin saat ini mencapai US$ 42,3 miliar atau setara dengan Rp 600 triliun.

Kinerja Lima Kripto Terbesar
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading