Internasional

Pecinta Kripto, Xi Jinping Beraksi Lagi Hajar Bitcoin Cs

Market - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
07 June 2021 13:50
Chinese President Xi Jinping speaks at an event marking the 40th anniversary of China's reform and opening up at the Great Hall of the People in Beijing, China December 18, 2018. REUTERS/Jason Lee

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah China sepertinya menunjukkan keseriusannya dalam menghadang laju mata uang kripto. Kali ini negara yang dipimpin oleh Presiden Xi Jinping itu memutuskan untuk memblokir akun-akun di media sosial yang berkaitan dengan Bitcoin cs.

Melansir Reuters, selama akhir pekan, akses ke beberapa akun yang berkaitan dengan cryptocurrency di Weibo diblok. Pemerintah China bahkan menulis pesan yang mengatakan setiap akun itu "melanggar hukum dan aturan".


"Ini Hari Penghakiman untuk kripto", tulis komentator bitcoin Weibo yang menyebut dirinya "Woman Dr. bitcoin mini". Akun utamanya juga diblokir pada hari Sabtu (5/6/2021).

Pembekuan di Weibo terjadi ketika media China melaporkan banyaknya penipuan terkait perdagangan kripto. Tak hanya Xinhua, ini juga dilaporkan CCTV.

CCTV bahkan mengatakan cryptocurrency adalah aset yang diatur dengan ringan yang sering digunakan dalam perdagangan pasar gelap, pencucian uang, penyelundupan senjata. Bahkan kripto digunakan untuk perjudian dan transaksi narkoba.

Sebenarnya, sentimen China ke Bitcoin cs telah dimulai sejak beberapa minggu lalu. Kala itu pihak berwenang menegaskan bahwa lembaga keuangan tidak boleh terlibat dalam bisnis cryptocurrency seperti perdagangan atau membantu menukar fiat menjadi koin digital.

Namun larangan ini menyurutkan antusiasme warga China dalam membeli mata uang kripto ini. Cara mereka untuk keluar dari larangan ini adalah dengan menggunakan platform perdagangan crypto-to-crypto seperti membeli bitcoin dengan stable coin yang terhubung dengan dolar AS yang disebut tether (USDT).


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Pencinta Bitcoin Cs, Kabar Buruk Kripto Lagi dari Xi Jinping


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading