Elon Musk 'Patah Hati' ke Bitcoin, Bikin Harganya Ambles

Market - chd, CNBC Indonesia
04 June 2021 13:35
Ilustrasi/ Bitcoin/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Koin digital dengan kapitalisasi terbesar, Bitcoin kembali tergelincir pada perdagangan Jumat (4/6/2021) siang hari ini, setelah bos Tesla, Elon Musk lagi-lagi men-tweet yang tampaknya ia menyesali dari putusnya investasi Musk di kripto.

Berdasarkan data dari Investing pukul 12:46 WIB, harga Bitcoin kembali ambles 5,55% ke level US$ 36.664,3/koin atau setara dengan Rp 525 juta per koinnya. Padahal pada perdagangan pagi tadi, Bitcoin sempat menguat sekitar 1,5% ke level US$ 37.859,80/koinnya.

Kepemilikan Tesla yang besar di Bitcoin dan cuitan Musk sering membuat pasar kripto bergerak melemah. Tak hanya cuitannya, penggemar setianya juga kadang-kadang membuat harga Bitcoin bergerak ke zona penurunan.


Kali ini penggemarnya mengeluarkan keluh kesahnya dengan men-tweet "#Bitcoin" dengan emoji patah hati dan gambar pasangan yang mendiskusikan perpisahan.

 



Sontak, Musk membalasnya dengan memposting strip komik perpisahan dan membalas "good" untuk ilustrasi saingan kripot Dogecoin yang diposting oleh platform trading kripto Coinbase. Tidak jelas apa maksud dari tweet tersebut.

Musk sebelumnya mengatakan Tesla tidak akan menjual Bitcoin-nya, tetapi tweet-nya kadang membuat pelaku pasar resah dan pasar kripto seakan menjadi rapuh, setelah kejatuhannya apda Mei lalu.

"Dia memang pandai mengendalikan komunitasnya," kata Bobby Ong, salah satu pendiri agregator data kripto dan situs analitik, CoinGecko, dikutip dari Reuters pada Jumat (4/6/2021).

Penurunan pada hari ini mendorong Bitcoin ke bawah grafik moving average 20 hari menjadi US$ 37.710, di mana investor kembali merealisasikan keuntungannya dari kenaikan awal pekan ini.

Musk telah menjadi promotor utama dalam kripto, tetapi juga berbalik menjadi orang yang kritis terhadap Bitcoin, sejak ia menangguhkan sebagai salah satu alat pembayaran untuk pembelian mobil Tesla, karena kekhawatiran tentang penggunaan energi dan dampak lingkungannya.

Bitcoin dan beberapa kripto lainnya memang masih berusaha untuk pulih, namun hal itu kembali belum berhasil dari penurunan pada bulan lalu, setelah tindakan keras di China, Iran, dan Amerika Serikat (AS) pada akhir Mei lalu.

Selain Bitcoin, Ethereum, kripto dengan kapitalisasi terbesar kedua juga tergelincir 4,01% ke posisi US$ 2.655,19/koin pada siang hari ini.

Sementara Dogecoin, yang mungkin paling sensitif dengan cuitan Musk, juga tergelincir parah sekitar 13% ke posisi US$ 0,373 pada siang hari ini.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(chd/chd)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading