Mau Ramadhan & Idul Fitri, Saham Ritel Mulai Curi Start Nih

Market - Chandra Dwi, CNBC Indonesia
06 April 2021 10:25
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Beberapa saham emiten ritel kembali bergeliat pada perdagangan sesi I Selasa (6/4/2021), seiring mulai memasuki bulan suci Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Biasanya ketika bulan Ramadhan dan lebaran tiba, masyarakat cenderung berbelanja pakaian dan barang-barang terkait lebaran, termasuk parcel-parcel lebaran. Adapun gerak saham ritel pada perdagangan sesi I hari ini pukul 09:39 WIB adalah sebagai berikut.


Berdasarkan data RTI, saham ritel yang menduduki posisi pertama adalah saham ritel PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) yang sudah meroket hingga 12,15% ke level Rp 406/saham pada pagi hari ini.

Data perdagangan mencatat nilai transaksi saham MPPA pagi ini sudah mencapai Rp 45 miliar dengan volume transaksi yang diperdagangkan sebanyak 115 juta lembar saham. Investor asing tercatat membeli bersih (net buy) sebanyak Rp 331 juta di pasar reguler pada perdagangan sesi I hari ini.

Berikutnya di posisi kedua terdapat saham ritel fesyen PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) yang melesat 2,11% ke posisi Rp 1.455/unit pada pukul 09:39 WIB.

Tercatat nilai transaksi saham LPPF pagi ini telah mencapai Rp 6 miliar dengan volume transaksi yang diperdagangkan sebanyak 4 juta lembar saham. Investor asing juga membeli saham LPPF sebanyak Rp 1,15 miliar di pasar reguler pada perdagangan pagi hari ini.

Sementara untuk saham ritel fesyen lainnya, yakni PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) juga menguat 1,29% ke Rp 780/unit pada perdagangan sesi I hari ini.

Nilai transaksi saham RALS sudah mencapai Rp 1 miliar dengan volume transaksi yang diperdagangkan sebanyak 1 juta lembar saham. Asing juga mengoleksi saham RALS sebanyak Rp 357 juta di pasar reguler pada perdagangan sesi I pagi hari ini.

Sementara untuk saham ritel PT Mitra Adi Perkasa Tbk (MAPI) pada perdagangan sesi I hari ini cenderung stagnan di level Rp 750/saham.

Adapun saham ritel lainnya seperti PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA) dan saham ritel furnitur rumah PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) masih bergerak di zona merah pada perdagangan sesi I hari ini.

Saham MAPA melemah 0,48% ke Rp 2.090/unit, sedangkan saham ACES melemah 0,64% ke Rp 1.555/unit.

Saham ritel mulai bangkit kembali jelang bulan Ramadhan dan lebaran Idul Fitri 1442 H. Perilaku masyarakat menjelang Ramadhan dan Lebaran biasanya dilakukan dengan membeli barang-barang terkait musim tersebut seperti pakaian, parcel lebaran, dan makanan terkait lebaran.

Hal ini tentunya dapat menjadi katalis positif bagi saham ritel, setelah selama setahun terpuruk akibat pandemi Covid-19. Apalagi daya beli masyarakat yang mulai berangsur pulih menjadikan saham ritel semakin bergeliat.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(chd/chd)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading