Ada Private Equity Kakap yang Masuk ke Emiten Rumah Sakit RI

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
23 March 2021 14:27
RS Hermina Karawang (Luthfiana Awaluddin/Detik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Private equity terkemuka di Asia Pasifik, Quadria Capital baru saja mengakuisisi saham minoritas dari operator rumah sakit PT Medikaloka Hermina Tbk (HEAL). Ini merupakan bagian dari upaya perusahaan investasi ini untuk membangun jaringan perawatan multi-spesialisasi terbesar di Indonesia.

Managing Partner dan Co-Founder Quadria Capital Amit Varma mengatakan Hermina merupakan perusahaan kesehatan yang dominan di pasarnya sehingga ini akan menjadi langkah utama jaringan ini bisa berkembang lebih besar.

"Hermina merupakan kesempatan besar bagi Quadria untuk bekerja dengan jaringan rumah sakit terkemuka di Indonesia. Tim manajemen dan profesional medis di Hermina telah melakukan pekerjaan luar biasa dalam membangun platform dominan pasar. Kami berharap dapat membawa jaringan dan keahlian kami untuk mengubah Hermina menjadi jaringan perawatan multi-spesialisasi terbesar di Indonesia," kata Varma dalam keterangannya, dikutip Selasa (23/3/2021).


Sejalan dengan itu, Presiden Direktur Hermina Hasmoro mengatakan bahwa kemitraan ini akan mendorong pertumbuhan perusahaan sehingga nantinya bisa melayani lebih banyak kasus dalam jumlah lebih besar lagi.

"Hermina berada pada titik penting dalam evolusinya di mana kami telah memantapkan diri kami sebagai grup rumah sakit terkemuka di Indonesia. Kemitraan kami dengan Quadria akan membantu meluncurkan Hermina ke fase pertumbuhan berikutnya dan mendukung pengembangan beberapa inisiatif baru dalam melayani kasus dengan intensitas yang lebih tinggi," terangnya.

Saat ini Hermina memiliki dengan 41 rumah sakit umum dan lebih dari 5.000 tempat tidur di seluruh Indonesia. Hermina melayani lebih dari enam juta pasien rawat jalan dan 375 ribu rawat inap setiap tahun, didukung oleh jaringan luas lebih dari 3.800 dokter dan spesialis.

Sedangkan Quadria Capital merupakan private equity yang berfokus pada investasi di bidang kesehatan dengan dana kelolaan lebih dari US$ 2 miliar dan telah berinvestasi di 22 perusahaan di kawasan Asia Pasifik.

Ini merupakan investasi lanjutan dari perusahaan yang berbasis di Singapura dan India ini di Indonesia setelah sebelumnya Quadria Capital juga berinvestasi di PT Soho Global Health Tbk (SOHO) sejak 2015.

Saham SOHO melantai di bursa pada 8 September 2020 lalu dengan harga penawaran sebesar Rp 1.820/unit dan menghimpun dana sebesar Rp 208 miliar.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading