Duh Saham Astra Masih Dilego! Saham BCA jadi Pilihan Asing

Market - Chandra Dwi, CNBC Indonesia
02 March 2021 12:25
Ilustrasi IHSG (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sempat sekali tercelup di zona merah, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat pada perdagangan sesi pertama Selasa (2/3/2021), mengikuti tren penguatan di bursa global dan kabar positif pengiriman vaksin dari China.

IHSG dibuka naik 0,46% ke 6.367,43 dan berakhir di level 6.344,764 pada penutupan sesi pertama, atau menguat 0,1% (6,25 poin).

IHSG sempat melemah pada jelang pukul 10:00 WIB, tetapi selang 10 menit berbalik arah ke zona hijau. Menurut data RTI, sebanyak 217 saham menguat, 233 tertekan dan 169 lainnya flat.


Transaksi bursa kembali meningkat dengan 13,9 miliar lebih saham diperdagangkan, sebanyak 939.000-an kali. Nilai transaksi bursa masih terbatas yakni sebesar Rp 8 triliun, atau jauh dari nilai transaksi di periode awal Januari yang menyentuh Rp 12 triliun (pada sesi 1 saja).

Investor asing melakukan aksi jual dengan nilai penjualan bersih (net sell) Rp 14,4 miliar di pasar reguler. Berikut 6 saham yang dilepas oleh investor asing pada perdagangan sesi pertama hari ini.

Walaupun asing melakukan net sell sebanyak Rp 14,4 miliar, namun beberapa saham masih dikoleksi oleh investor asing. Adapun berikut 6 saham yang dikoleksi oleh investor asing pada perdagangan sesi pertama hari ini.

Turunnya yield obligasi pemerintah Amerika Serikat (AS) langsung membawa bursa AS meroket. Yield yang tinggi akan memikat investor mengalihkan dananya dari bursa saham ke pasar obligasi.

Dari dalam negeri, kabar positif muncul dengan datangnya dosis baru vaksin Sinovac. Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) menyampaikan hari ini vaksin buatan perusahaan farmasi asal China, Sinovac Biotech Ltd akan datang.

Menurut informasi yang disampaikan Tim Komunikasi Publik, vaksin virus Corona tersebut dijadwalkan akan tiba di Banda Soekarno Hatta, Tangerang Banten siang ini pukul 12.16 WIB.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(chd/chd)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading