Erick Thohir: BUMN Dikerahkan Bantu Pemulihan Ekonomi RI

Market - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
25 February 2021 10:23
Menteri BUMN Erick Thohir, dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook dengan tema

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengatakan perusahaan pelat merah dikerahkan untuk memainkan peran masing-masih dalam rangka pemulihan ekonomi nasional yang terkena dampak pandemi covid-19. 

"Indonesia bekerja, jelas bagaimana peran BUMN dalam pemulihan ekonomi. Di komite itu ada Kami (Kementerian BUMN), Menteri Koordinator, Menkeu, yang kompeten. Untuk peran BUMN pemulihan ekonomi nasional," kata Erik Thohir dalam acara Economic Outlook CNBC Indonesia, Kamis (25/2/2021).

Erick memaparkan peran BUMN tersebut, antara lain, PT Bio Farma, selaku perusahaan induk BUMN Farmasi, fokus pada kesehatan, baik memproduksi vaksin juga mendukung program pemerintah juga membantu distribusi.


Lalu untuk PT PLN (Persero), Erick mengatakan sudah mendapat arahan untuk menggratiskan pembayaran pelanggan 450 VA dan memberikan insentif untuk pelanggan 900 VA. Program ini sudah berlangsung sejak tahun lalu, dan dilakukan review setiap tiga bulan.

Sementara itu, untuk bank-bank milik negara (Himbara), Erick menjelaskan sudah melakukan upaya restrukturisasi kredit segmen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan nilai yang sudah mencapai Rp 470 triliun. Demikian pula dengan perluasan jaminan kredit yang dibantu Jamkrindo dan Askrindo.

"Tak kalah pentingnya sinergi ultra mikro dengan adanya BRI, PNM dan juga Pegadaian. Tentu diharapkan pembentukan ini akan menunjukkan  keberpihakan UMKM bisa tercerminkan dengan konsolidasi," kata Erick.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading