Bursa Asia Pesta Pora, Cuma STI Singapura Babak Belur

Market - Chandra Dwi Pranata, CNBC Indonesia
01 February 2021 16:44
STI

Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa Asia mayoritas ditutup menguat pada perdagangan Senin (1/2/21), setelah data menunjukkan bahwa aktivitas manufaktur China pada Januari masih ekspansif, meskipun lebih lambat jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Tercatat indeks Nikkei Jepang ditutup melesat 1,55%, Hang Seng Hong Kong pun melonjak 2,15%, Shanghai Composite China menguat 0,63%, dan KOSPI Korea Selatan meroket 2,7%. Sedangkan indeks Straits Times Singapura hari ini ditutup melemah 0,14%.

Sementara itu, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil rebound dan ditutup terbang hingga mencapai 3,5% ke level 6.067,55 dan berhasil kembali ke atas level 6.000.


Nilai transaksi bursa mencapai Rp 24 triliun yang menunjukkan pasar sudah kembali ramai, di mana investor asing membukukan penjualan bersih (net sell) sebesar Rp 160 miliar di pasar reguler, yang menunjukkan mereka cenderung berada di pihak yang menekan pasar.

Bursa saham di Asia Pasifik melaju setelah data menunjukkan bahwa aktivitas manufaktur China pada Januari masih ekspansif, meski melambat jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Survei Caixin/Markit menunjukkan bahwa Indeks Manajer Pembelian (Purchasing Managers' Index/PMI) berada di angka 51,5 pada Januari.

Selain di China, data PMI manufaktur juga telah dirilis lebih dahulu di Jepang dan Korea Selatan (Korsel).

Data PMI manufaktur Jepang periode Januari 2021 versi Jibun Bank mengalami kontraksi ke angka 49,8 dari sebelumnya pada Desember 2020 berada di angka 50.

Sementara itu, data PMI manufaktur Korsel periode Januari 2021 versi Markit mengalami ekspansi ke angka 52,2 dari sebelumnya pada Desember 2020 berada di angka 51,3.

PMI menggunakan angka 50 sebagai titik mula. Jika di atas 50, maka berarti dunia usaha berada di fase ekspansi sehingga ekonomi akan bergeliat dan sebaliknya jika di bawah 50, maka berarti dunia usaha sedang 'lesu'.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(chd/chd)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading