Mau KPR Tapi Takut Ribet? Ajukan Online Saja di Sini

Market - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
21 January 2021 14:16
Awal Desember 2017, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat capaian Program Satu Juta Rumah sebanyak 765.120 unit rumah, didominasi oleh pembangunan rumah bagi  masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sebesar 70 persen, atau sebanyak 619.868 unit, sementara rumah non-MBR yang terbangun sebesar 30 persen, sebanyak 145.252 unit.
Program Satu Juta Rumah yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo, sekitar 20 persen merupakan rumah yang dibangun oleh Kementerian PUPR berupa rusunawa, rumah khusus, rumah swadaya maupun bantuan stimulan prasarana dan utilitas (PSU), 30 persen lainnya dibangun oleh pengembang perumahan subsidi yang mendapatkan fasilitas KPR FLPP, subsisdi selisih bunga dan bantuan uang muka. Selebihnya dipenuhi melalui pembangunan rumah non subsidi oleh pengembang.
Ketua Umum Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Junaidi Abdillah mengungkapkan, rumah tapak masih digemari kelas menengah ke bawah.
Kontribusi serapan properti oleh masyarakat menengah ke bawah terhadap total penjualan properti mencapai 70%.
Serapan sebesar 200.000 unit ini, akan terus meningkat pada tahun 2018 menjadi 250.000 unit.

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) mempermudah nasabahnya dengan cara digitalisasi pengajuan kredit (e Form), yang artinya pengajuan KPR bisa dilakukan di rumah saja.

BNI juga memperkuat pemasaran melalui strategic partnership dengan media properti online untuk meningkatkan kemudahan dan kecepatan proses BNI Griya.

Adapun bagi nasabah yang tertarik membeli rumah secara KPR, bisa diajukan secara online dengan e Form BNI Griya yang dapat diakses melalui website BNI, BNI Mobile Banking atau ketik link https://bit.ly/eFormBNIGriya. Saat ini pengajuan BNI Griya melalui e form sudah mencapai rata-rata di atas 2.000 aplikasi perbulannya.


Direktur Bisnis Konsumer BNI Corina Leyla Karnalies mengatakan, BNI juga tetap memberlakukan fasilitas Instant Approval untuk Top Developer, dan jangka waktu kredit hingga 30 tahun.

"Pemberian kredit ini tentunya juga mempertimbangkan segment yang relatif aman dan tidak terdampak pandemic, sehingga kualitas kredit tetap terjaga dengan baik," ujar Corina.

Sebagai informasi, Sepanjang tahun 2020, BNI Griya mencatat pertumbuhan positif dengan nilai penyaluran hampir Rp 9 triliun. Komposisi terbesar di segmen debitur berpenghasilan tetap (fixed income) untuk pembelian di primary market. Pada tahun 2021, BNI tetap fokus pada segmen yang sama untuk pembelian rumah komersil dan subsidi di primary market.

BNI juga mencatat sepanjang tahun lalu, 60% dari total pemohon Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah kelompok milenial. Untuk itulah pada 2021 ini, BNI siap kembali menebar KPR bagi kaum milenial ini melalui beragam kemudahan dari BNI Griya. BNI telah menyiapkan data internal, informasi pengembang, hingga demografi penduduk berdasarkan usia sebagai basis untuk menyasar potensi KPR di segmen milenial ini.

"Baik landed house maupun hunian vertikal, keduanya cocok dengan segmen milenial, tergantung kemampuan dan kebutuhannya. Segmen milenial lebih memilih ke primary market karena pertimbangan desain, harga terjangkau, lokasi dan kepraktisan," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading