Pertemuan Tahunan OJK

Jokowi ke Industri Keuangan: Jangan Layani yang Besar Saja!

Market - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
15 January 2021 20:52
Presiden Joko Widodo dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2021. (Tangkapan Layar Youtube Jasa Keuangan)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan lantang mengajak seluruh industri jasa keuangan nasional untuk membantu meningkatkan pengembangan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Berbicara dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan Tahun 2021 yang digelar secara virtual, Jokowi meminta agar para pelaku industri jasa keuangan tidak hanya melayani nasabah kelas kakap semata.

"Jangan hanya melayani yang besar-besar saja. Yang itu-itu saja. Pelaku kecil yang memiliki potensi, yang skalanya sangat besar juga harus diberikan prioritas," kata Jokowi, Jumat (15/1/2021).

Eks Gubernur DKI Jakarta itu meminta agar akses pembiayaan bagi para pelaku usaha di sektor UMKM maupun informal dapat dipermudah. Hal tersebut, kata dia, pun telah dibicarakan dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.



"Agar kita menyiapkan sebuah regulasi, sebuah peraturan, yang jauh ke depan. Advance dan meninggalkan cara lama, peraturan yang sudah usang yang saya kira sudah sangat ketinggalan di dunia keuangan global," ujarnya.

Jokowi berharap para pelaku UMKM bisa terus mengembangkan skala usahanya ke depan dengan memanfaatkan berbagai fasilitas pemerintah seperti melalui kredit usaha rakyat (KUR) maupun bank wakaf mikro.

"Dan kita harus membangun pertumbuhan ekonomi yang inklusif, yang dinikmati bersama oleh seluruh rakyat Indonesia yang membawa Indonesia maju, dan sekaligus berkeadilan," katanya.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading