Yusuf Mansur Bantah Pom-pom Saham Sampai Kena ARA

Market - tahir saleh, CNBC Indonesia
10 December 2020 17:10
Ustaz Yusuf Mansur/Detik

Jakarta, CNBC Indonesia - Ustaz Yusuf Mansur menegaskan dirinya tidak dalam posisi merekomendasikan atau memberikan 'pom-pom' kepada calon investor atau investor pasar saham untuk membeli saham tertentu.

Apa yang dilakukan adalah memberikan contoh bagaimana melihat saham dari sudut pandang yang positif, tak hanya mencari cuan semata, tapi mencari kebaikan dalam jangka panjang.

Bahkan ke depan, keuntungan saham juga diharapkan bisa digunakan untuk sedekah, atau bahasa yang dipakai 'Sedekah Cuan Saham'.


Sebagai catatan, di pasar sahan, pom-pom dikenal sebagai tindakan yang dilakukan oleh individu atau kelompok dengan cara mengajak orang lain untuk membeli atau menjual suatu saham pada waktu tertentu.

Dalam unggahan terbarunya, di tengah masa perawatan saat dinyatakan positif Covid-19, ustaz YM, panggilan akrabnya menyebutkan bahwa dia tidak merekomendasikan saham.

"Sekali lagi, ini bukan rekom [rekomendasi]. Tapi ngajar dengan contoh, hehehe. Mansurmology Filosofi. Mansurmology Prinsip," katanya dalam unggahan terbarunya, dikutip Kamis (10/12/2020).

[Gambas:Instagram]

Sebelumnya, pada unggahan beberapa hari sebelumnya, YM juga menjelaskan dia tidak melakukan pom-pom saham sehingga ada saham yang pergerakannya naik signifikan hingga menyentuh batas atas, auto reject atas (ARA), misalnya pada saham PT Kimia Farma Tbk (KAEF), PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS), dan PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA).

Sebelumnya, YM juga memberikan informasi kepemilikan sahamnya secara jangka panjang di saham PT Bank BRISyariah Tbk (BRIS).

"Tapi sekali lagi, ini bukan pompom, ini bukan rekomendasi. Ini cara berpikir & pijakan, Mansurmology. Bahwa PGN ini, di mana di bawahnya ada Pertagas, ini adalah perusahaan yang nyangkut hajat hidup orang banyak. Dan punya negara. Kebayang ga pahala & kebaikan orang pake gas. Sederhana. Dari situ kita minta Allah u/ beri keuntungan dari kepemilikan saham qt jika qt ikutan di dlm PGAS? PGN."

"Fundamental PGN saya ga ngerti. Yg saya ngerti, saya minta kawan2 kalo mutusin beli saham: 1. Doa dulu. 2. Doain perusahaan yang dibeli. Agar bagus. Itu aja koq. Gampang buat Allah ngebagusin dan ngejelekin. Nguntungin dan Ngerugiin. Gampang banget. Minta aja yang baik2. Beres dah."

[Gambas:Instagram]


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading