Mantap! Erick Ungkap BUMN Sikat Perusahaan Argentina & Brasil

Market - Muhammad Choirul, CNBC Indonesia
19 November 2020 20:20
Menteri BUMN Erick Thohir saat peresmian staisun terpadu Tanah Abang, Rabu (17/6/2020) (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir blak-blakan mengenai rencana akuisisi perusahaan luar negeri. Hal ini disampaikan dalam acara Jakarta Food and Security Summit ke-5 Tahun 2020 yang berlangsung pada Kamis (19/11/2020).

Erick menegaskan bahwa pihaknya terbuka dengan sejumlah skema kerja sama di sektor di pangan. Terutama untuk komoditas seperti gula, ikan, dan sapi. Ia memberikan contoh, selama ini salah satu impor terbesar yang ada di BUMN yaitu garam, fosfat, dan daging.

"Nah tentu dengan market yang besar di BUMN sendiri, ya kita sangat terbuka kalau memang kita perlu akuisisi perusahaan daging di luar negeri bersama swasta," urai Erick Thohir.


"Kita menjadikan Indonesia Incorporation. Kita tidak perlu mayoritas, mungkin 40%, 60% 2-3 pemain swasta. Kita akuisisi perusahaan di Brasil atau Argentina we are more than welcome," bebernya.

Dengan berpartner, menurutnya distribusi barang akan lebih mudah. Ini menurutnya adalah contoh win-win solution yang dilakukan oleh Kementerian BUMN.

"Bagaimana tadi market yang impor daging 1,5 juta ton, kalau bisa kita ikutan. Dalam arti jangan terus diimpor, toh market kita besar. Nah ini salah satu partnership yang kita bisa lakukan untuk akuisisi di luar negeri," bebernya.

Adapun kerja sama dengan perusahaan dalam negeri, menurutnya juga masih banyak peluang yang sedang digali. Ia sudah mendorong Direktur Utama PT RNI yang membawahi holding BUMN pangan untuk melakukan pemetaan.

"Itu mapping-nya nanti bisa dipresentasikan oleh Dirut RNI yang baru yang Insyaallah akan aktif di akhir November ini. Nanti saya minta Dirut yang baru ini bisa paparan dengan Kadin. Background Dirut baru bekas private sector, dulu di Hero. Kemudian beliau memberanikan diri bergabung ke negara, BUMD. Dan sekarang ke BUMN. Ya kita coba berikan kesempatan itu," tandasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading