Konkret! Ini Cara BRI Dukung Pemerintah Tingkatkan Ekspor RI

Market - Donald Banjarnahor, CNBC Indonesia
16 November 2020 20:12
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus berkomitmen untuk mendorong pengembangan UMKM di Indonesia (Dok. BRI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bank BRI sebagai salah satu bank devisa terbesar di Indonesia terus menunjukkan komitmen untuk mengembangkan potensi bisnis ekspor di Indonesia khususnya pada segmen Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Salah satu bentuk keseriusan BRI dalam mendukung bisnis ekspor di Indonesia, adalah dengan mendukung pameran dagang tahunan Trade Expo Indonesia Virtual Exhibition 2020 (TEI-VE 2020) yang digelar pada 11-16 November 2020 dan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo.

Digelar dengan konsep virtual exhibition, TEI-VE 2020 diinisiasi oleh Kementerian Perdagangan RI dengan tujuan untuk mempromosikan produk-produk berkualitas buatan Indonesia melalui platform pameran virtual untuk pasar global, mengembangkan jaringan bisnis, investasi dan menghadirkan showcase produk-produk premium dan terbaik Indonesia yang pada ujungnya diharapkan mampu untuk meningkatkan ekspor Indonesia.

"Tema yang diusung Bank BRI pada tahun ini adalah 'The Key to Easy and Secure Export Import Transactions', dimana pada virtual booth ditampilkan showcase produk digital Bank BRI yang berkaitan erat dengan transaksi eksport import, seperti BRITrade Online, Trade Finance Online, dan BRICaMS. Tampilan produk-produk tersebut diharapkan dapat meningkatkan awareness terhadap keunggulan Bank BRI dalam layanan digital trade," ujar Direktur Hubungan Kelembagaan dan BUMN Bank BRI Agus Noorsanto.


Direktur Hubungan Kelembagaan dan BUMN Bank BRI Agus Noorsanto.IstFoto: Direktur Hubungan Kelembagaan dan BUMN Bank BRI Agus Noorsanto.Ist

Sejalan dengan semangat tersebut, sampai dengan saat ini, BRI telah melayani transaksi Trade Finance untuk lebih dari 8.800 nasabah UMKM dan lebih dari 200 nasabah korporasi.

Dalam rangka memberikan edukasi produk perbankan dan bisnis ekspor-impor, booth Bank BRI di TEI-VE 2020 juga telah menggelar kegiatan Coaching Clinic secara virtual pada tanggal 11 hingga 15 November 2020 lalu. Materi terkait ekspor-impor yang dipresentasikan antara lain : Manajemen Kargo, Kepabeanan, Edukasi Produk Perbankan, dan Sharing Session dari UMKM eksportir.

Adapun materi terkait metode pembayaran yang digunakan pada transaksi ekspor-impor antara lain : Import Financing, Export Financing, dan Supply Chain Financing, Telegraphic Transfer, Documentary Collection, Letter of Credit, dan SBLC. Coaching Clinic BRI disambut antusias oleh para Visitor maupun Exhibitor TEI-VE 2020 dengan total 648 peserta yang berasal dari para pelaku eksportir UMKM maupun Korporasi, jumlah ini naik signifikan dibandingkan total keikutsertaan peserta pada event yang sama tahun lalu. Selama berlangsungnya gelaran, setidaknya 46 UMKM akan bergabung menjadi mitra binaan BRI dan menjajal layanan trade finance BRI.

Dalam event tersebut BRI juga secara khusus menyediakan Booth Indonesia Mall. Indonesia Mall merupakan wadah atau sarana ekspansi bagi UMKM di Indonesia dengan tujuan pengembangan bisnis lokal kreatif untuk go online. Dengan Indonesia Mall, pebisnis lokal hanya perlu mengupload produknya satu kali dan sudah bisa terkoneksi ke beberapa e-commerce baik skala lokal, regional, maupun global.

Guna mempermudah pembelian produk-produk unggulan dari Indonesia Mall, masyarakat dapat mengaksesnya melalui market placebesar di Indonesia seperti Tokopedia, blibli.com, shopee, ebay, Zalora, Lazada, bukalapak, bhinneka, dan lain lain.

"Dengan dukungan network yang luas dan tekhnologi terkini dengan platform trade finance yang memberikan kemudahan bagi eksportir, BRI siap untuk mendukung pertumbuhan transaksi ekspor Indonesia," pungkas Agus.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading