Logam Mulia Mau IPO, Ini Strategi Besar Antam

Market - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
26 October 2020 17:38
Emas Antam (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) dikabarkan akan membuat anak usaha Logam Mulia untuk bisnis penjualan emas. Tak tanggung-tanggung, anak usaha tersebut bahkan ditargetkan bisa melantai di pasar saham atau melakukan initial public offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Menanggapi kabar tersebut, Sekretaris Perusahaan Antam Kunto Hendrapawoko mengatakan bahwa Antam selalu terbuka pada peluang-peluang yang mendukung penguatan bisnis pada komoditas emas di sektor hulu sampai dengan hilir.

"Antam senantiasa terbuka terhadap peluang-peluang yang mendukung penguatan bisnis komoditas emas dari hulu ke hilir yang diharapkan akan memperkuat pertumbuhan laba dan Ebitda perusahaan," ungkapnya kepada CNBC Indonesia, Senin (26/10/2020).


Saat ini, menurutnya Antam sedang menyusun strategi untuk fokus pada penguatan bisnis retail emas Logam Mulia di pasar domestik baik penguatan dari sisi pasokan, infrastruktur, teknologi, organisasi, pendanaan serta sistem distribusi produk.

"Salah satunya dengan melakukan kajian tata kelola bisnis emas baik secara organik maupun melalui anak usaha untuk mendukung strategi tersebut," ujarnya.

Dia mengatakan emas memang menjadi salah satu komoditas utama dari Antam dan berkontribusi signifikan pada pendapatan perusahaan. Apalagi, lanjutnya, konsumen melihat komoditas emas ini sebagai instrumen investasi sekaligus alat lindung nilai (safe haven). Oleh karena itu, Antam melihat prospek bisnis emas sangat baik di masa yang akan datang.

"Khusus untuk pasar domestik, Antam melihat tingginya kesempatan pertumbuhan penjualan emas di masa mendatang," ujarnya.

Hal ini bisa dilihat dari pencatatan penjualan emas perusahaan pada triwulan III 2020 yang tumbuh 147% menjadi 6,9 ton dibandingkan capaian penjualan emas pada triwulan II tahun 2020 yang sebesar 2,8 ton.

"Secara akumulatif, capaian kinerja unaudited penjualan emas Antam pada sembilan bulan pertama tahun 2020 tercatat sebesar 14,8 ton," tuturnya.

Upaya Antam memperkuat portofolio bisnis emas di hulu yakni dengan aktif melakukan kegiatan eksplorasi di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) seperti di Pongkor, serta tinjauan di beberapa daerah prospek seperti di wilayah Pegunungan Bintang, Papua dan Papandayan di Jawa Barat.

Sementara di sisi hilir, lanjutnya, Antam berupaya melakukan inovasi produk dan perluasan pasar. Dia menyebut Antam saat ini sudah merambah ke transaksi online.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading