Grup Sinarmas Ekspansi Bisnis Gula di Brasil

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
08 October 2020 15:53
teller bank sinarmas

Jakarta, CNBC Indonesia - Entitas bisnis Grup Sinarmas, Golden Agri Resources (GAR) melakukan ekspansi bisnis gula di Brasil dengan mendirikan perusahaan baru, Golden Agri-Resources Brasil Sociedade Limitada Unipessoal (GAR Brasil). Perusahaan ini sahamnya sepenuhnya dimiliki perseroan.

Head of Global Vegetable Oil & Oilseeds Golden-Agri Resources, Paul Hickman, mengatakan dipilihnya Brasil sebab negara tersebut merupakan eksportir gula terbesar di dunia. Dengan ekspansi ini juga akan melengkapi jaringan distribusi minyak sawit Golden Agri-Resources yang telah ada.

Dia mengatakan, tim penjualan GAR di Eropa sebelumnya telah mengidentifikasi peluang perdagangan gula yang saling melengkapi, selaras dengan jaringan distribusi minyak sawit yang ada dan profil pelanggan hingga akhirnya perseroan mengakuisisi periusahaan gula milik RCMA Group Pte Ltd pada November 2019. Saat ini, GAR Brazil fokus pada bisnis pada gula pasir dalam kemasan.


"Dengan memanfaatkan kapabilitas distribusi berbasis kelapa sawit GAR, maka masuknya perseroan ke bisnis gula akan memberikan peluang keuntungan dengan biaya yang lebih rendah dan aset yang lebih ringan," kata Paul, dalam pengumumannya di keterbukaan informasi Bursa Efek Singapura, dikutip CNBC Indonesia, Kamis (8/10/2020).

Sebelumnya, anak usaha Indofood, PT Indoofood Agri Resources Ltd juga berencana melakukan merger aset perusahaan produsen gula melalui anak usahanya, IndoAgri Brasil. Rencana merger ini ditargetkan akan selesai sebelum 31 Desember 2020.

Dalam pengumuman yang disampaikan, perusahaan yang terafiliasi dengan Salim Grup ini akan melakukan merger atas Companhia Mineira de Açúcar e Álcool Participações (CMAA) dan Canápolis Holding S.A. (Canápolis).

"Melalui reorganisasi dan konsolidasi aset, operasional kegiatan usaha gula di Brasil akan berada dalam satu struktur badan hukum," ungkap manajemen Indofood Agri Resources," dikutip CNBC Indonesia, Jumat (2/10/2020).

Adapun, pertimbangan reorganisasi ini juga untuk mempersiapkan pengembangan perusahaan di masa mendatang, dan mengkonsolidasi kepemilikan lahan dengan hak milik oleh CMAA dan Terra Forte dalam satu entitas baru, yaitu Real Estate Newco.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading