Erick Thohir: Direksi BUMN Harus Dekat Dengan Menteri

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
22 September 2020 20:15
Komisaris Utama Pertamina Basuki BTP Ahok dan Menteri BUMN Erick Thohir (Instagram/ Basukibtp)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pekan lalu publik dihebohkan dengan sebuah video yang berisi ocehan dan kritikan pedas Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok terhadap tindak tanduk Direksi Pertamina. Bahkan dalam tayangan tersebut Ahok menyebut pergantian posisi direksi di perseroan karena adanya lobi-lobi. Bahkan, dia menyebut lobi-lobi itu pun langsung dilakukan ke menteri.

Menanggapi hal ini, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan sudah semestinya seorang direksi perusahaan pelat merah harus dekat dengan menteri. Sebab, kedekatan dengan menteri ini dapat meningkatkan 'teamwork' (kerja sama tim) antara kedua belah pihak.

"Komisaris, direksi harus dekat dengan menterinya. Kalau nggak, nanti teamwork jadi nggak jalan. Karena itu kan saya ngasih arahan pada saat bertemu seluruh direksi mengenai transformasi BUMN yang sudah ada di Instagram saya," tutur Erick saat ditemui wartawan usai Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR RI, Selasa (22/9/2020).


Dia mengungkapkan, tak ada lobi-lobi yang dilakukan oleh direksi BUMN dengan menteri, melainkan hanya melakukan rapat dan sudah menjadi hal yang biasa.

"Lho, kalau saya kan hubungan dengan direksi, komisaris, menteri kan hal yang biasa saya rasa. Kalau dibilang lobi-lobi, semua itu pembicaraan, rapat, bukan lobi. Sesuatu yang biasa," jelasnya.

Sebelumnya, Ahok dalam tayangan video yang diunggah pada kanal YouTube POIN membongkar rahasia dapur Pertamina, mulai dari lobi-lobi yang dilakukan oleh direksi langsung ke tingkat menteri hingga masalah gaji karyawan.

Dia mengakui kesal dengan adanya pergantian direksi tanpa berkomunikasi dengan komisaris dan langsung ditunjuk oleh menteri.

"Dia bisa ganti direktur pun tanpa sepengetahuan saya. Saya sempat marah-marah juga. Jadi, direksi-direksi semua mainnya lobinya ke menteri karena yang menentukan menteri. Komisaris pun rata-rata titipan dari kementerian-kementerian," kata Ahok dalam video tersebut.

Namun, pada Kamis lalu Ahok dan Erick Thohir pun telah bertemu untuk mengklarifikasikan hal-hal yang ada di video tersebut.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading