Jokowi Sadar, Daya Saing RI Masih di Posisi Buncit! Terus?

Market - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
03 August 2020 13:11
Presiden Jokowi Serahkan Bantuan Modal Kerja bagi Pelaku Usaha Mikro dan Kecil. Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta, CNBC Indonesia - Peringkat daya saing Indonesia saat ini berada di posisi 56. Posisi Indonesia, kalah telak dibandingkan peringkat sejumlah negara-negara kawasan seperti Filipina maupun Singapura.

Hal tersebut ditegaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memimpin rapat terbatas dengan topik pembahasan perencanaan transformasi digital di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

"Survei lembaga IMD World Digital Competitiveness pada 2019, negara kita masih di peringkat 56 dari 63 negara ini. Memang kita di bawah sekali lebih rendah dibandingkan negara tetangga di ASEAN," kata Jokowi, Senin (3/8/2020).

"Misalnya Thailand di posisi 40, Malaysia di posisi 26, Singapura di posisi nomor 2," kata Jokowi.

Jokowi menegaskan bahwa pandemi Covid-19 harus bisa dijadikan momentum untuk melakukan percepatan transformasi digital. Pasalnya, wabah ini secara langsung telah mengubah sudut pandang maupun perspektif manusia.

"Oleh sebab itu perlu menjadi perhatian kita bersama, yang pertama segera lakukan percepatan perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital. Saya kira kemarin kita sudah bicara dengan Menkominfo mengenai ini," katanya.

Selain itu, Jokowi meminta kepada jajarannya untuk merancang sebuah peta jalan transformasi digital di sejumlah sektor strategis baik itu di sektor layanan publik, sosial, pendidikan, perdagangan, hingga kesehatan maupun industri.

"Jangan sampai infrastruktur digital yang sudah kita bangun justru utilitasnya sangat rendah," tegasnya.

Terkait IMD sudah ada data terbaru. IMD World Competitiveness Ranking 2020 sudah dirilis. Kabar tak sedap datang dari ranking tersebut. Indonesia melorot 8 peringkat! Dari 32 menjadi 40 dalam daftar tersebut.

IMD atau Institute for Management Development merupakan lembaga independen yang didirikan sejak 75 tahun lalu. Lembaga ini tiap tahunnya mengeluarkan peringkat daya saing sebuah negara.

Dalam list yang ke-32 ini, IMD membuka banyak data tentang kinerja 63 negara di seluruh dunia.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading