Bahas Ketersediaan Pangan, DPR Panggil Bulog Hari Ini

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
25 June 2020 11:50
Dirut Bulog Budi Waseso di DPR (CNBC Indonesia/Anisatul Umah)

Jakarta, CNBC Indonesia - Perum Bulog menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi IV DPR RI untuk membahas evaluasi anggaran tahun 2019 lalu dan rencana subsidi pangan pada anggaran pendapatan dan belanja untuk tahun anggaran 2021.

Ketua Komisi IV DPR RI Sudin mengatakan dalam rapat ini parlemen juga meminta penjelasan kepada Bulog mengenai ketersediaan stok beras hingga akhir tahun ini. Selain itu mengenai perkiraan produksi beras di tahun ini yang diperkirakan akan surplus.

"Komisi IV minta penjelasan ketersediaan beras dalam negeri hingga 2020, impor komoditas strategi dan peran Bulog. Menteri Pertanian melaporkan produksi beras nasional 2020 masih surplus. Saya ga tau itungannya dari mana surplus 6,1 juta ton dan jadi carry over 2021," kata Sudin saat membuka rapat pagi ini, Kamis (25/6/2020).


Dia menyebutkan, kejelasan stok pangan di tahun ini sangat diperlukan lantaran tahun ini menurut perkiraan FAO akan terjadi el nino sehingga kemarau panjang akan berdampak pada produksi pangan.

Sedangkan Indonesia tak bisa bergantung terus pada pemenuhan dari impor pasalnya akibat Covid-19 ini banyak negara di dunia melakukan produksi pangan dan menolak untuk melakukan ekspor ke negara lain.

Rapat ini dihadiri oleh anggota Komisi IV DPR RI dan Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso dan jajarannya. Rapat dimulai pada pukul 10.45 WIB.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading