BRI Buka-bukaan Soal Kerja Sama dengan FWD

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
22 June 2020 13:49
Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan FWD Group (FWD) mengumumkan rencana kerjasama strategis dalam bidang asuransi jiwa. (Dok. BRI)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) menyebut kerja sama dengan FWD Group (FWD) di bidang asuransi, diharapkanĀ meninkatkanĀ kompetensi perseroan bisnis asuransi. Kerjasama tersebut akan mencakup pengembangan produk hingga pemanfaatan bancassurance.

Direktur Keuangan BRI Haru Koesmahargyo mengatakan bisnis asuransi jiwa memiliki potensi pertumbuhan yang besar ditambah dengan potensi customer base BRI yang besar dan channel pemasaran yang luas.

"Jadi ini proses panjang, kami memiliki BRI Life yang potensi pertumbuhannya besar dan kami memiliki customer base besar dengan memanfaatkan distribusi channel banyak sehingga butuh partner untuk pengembangan bisnis," kata Haru dalam dialog dengan CNBC Indonesia TV, Senin (22/6/2020).


Dia menyebutkan dengan bekerja sama dengan FWD maka dapat membuat asuransi BRI Life menjadi lebih atraktif bagi calon konsumen.

Menurut dia, industri asuransi di Indonesia memiliki potensi pertumbuhan yang sangat besar mengingat saat ini penetrasinya masih cukup rendah ketimbang dengan industri perbankan.

"Perbankan saja yang sudah duluan penetrasinya baru50%, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum transaksi di bank. Asuransi lebih kecil lagi karena belum sepenuhnya memanfaatkan asuransi sebagai proteksi masa depan," lanjutnya.

Adapun kedua perusahaan telah menandatangani Conditional Share Subscription Agreement untuk menyuntikan modal dalam bentuk saham baru ke dalam PT Asuransi BRI Life (BRI Life), perusahaan anak dari BRI. Transaksi ini masih dalam proses persetujuan regulator dan pemangku kebijakan terkait lainnya.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan transaksi ini menunjukkan bahwa Indonesia masih menarik bagi investor luar negeri.

"Kami senang dapat bekerja sama dengan FWD, salah satu perusahaan asuransi terdepan di Asia. FWD akan menyuntikkan modal kepada BRI Life, namun BRI masih akan menjadi pemegang saham mayoritas di BRI Life," kata Sunarso, Jumat (19/6/2020).

"Setelah proses transaksi tuntas, BRI dan BRI Life akan membuat perjanjian kerja sama selama 15 tahun untuk mengembangkan bisnis asuransi jiwa," lanjutnya.

Adapun BRI Life merupakan perusahaan asuransi yang hingga kuartal I-2020 lalu masih dimiliki perusahaan masih dimiliki oleh BRI sebanyak 91%.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading