Dikabarkan Bakal Jadi Komisaris BEI, Siapa Pandu Sjahrir?

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
21 June 2020 19:50
Investasi di Pembangkit Listrik TOBA capai USD 420 Juta - WIKEN

Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa Efek Indonesia (BEI) bakal melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST). Salah satu agenda yang akan dilaksanakan adalah pergantian komisaris BEI.

Berdasarkan dokumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang diterima CNBC Indonesia, terdapat tiga nama baru yang dicalonkan menjadi komisaris dan akan diangkat dalam RUPST tersebut. Terdapat tiga nama baru yang akan mengisi jabatan ini yang akan menggantikan perwakilan perusahaan sekuritas dan emiten.

Berikut calon komisaris yang dicalonkan tersebut:



Komisaris Utama : John A. Prasetio

Komisaris : Mohammad Noor Rachman Soejoeti

Komisaris : Heru Handayanto

Komisaris : Karman Pamurahardjo

Komisaris : Pandu Patria Sjahrir

Salah satu dari tiga nama tersebut adalah Pandu Patria Sjahrir yang menjadi perwakilan dari emiten. Saat ini Pandu menjabat sebagai Direktur di PT Toba Bara Sejahtra Tbk (TOBA).

Lalu sebenarnya siapa Pandu?

Dia merupakan putra dari ekonom Sjahrir dan juga keponakan dari pemilik perusahaan Toba Bara, yakni Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Diangkat menjadi direktur di perusahaan ini pada 1 Oktober 2010.

Dikutip dari website resmi Toba Bara, Pandu lahir di Boston, Amerika Serikat pada 1979 dan saat ini berdomisili di Jakarta. Meraih gelar Sarjana dari University of Chicago, Amerika Serikat dan Master of Business Administration dari Stanford Graduate School of Business, Amerika Serikat.

Sebelum di Toba Bara, dia pernah menjabat sebagai Analis Senior spesialisasi sektor energi dan pertambangan di Matlin & Patterson pada 2007-2010. Kemudian sebagai Principal di Byun & Co, Alternative Energy Fund Asia (2002 - 2005) dan sebagai Analis di Lehman Brothers (2001 - 2002).

Selain di korporasi, Pandu juga aktif pada perusahaan-perusahaan startup. Dilansir dari Linkedin, Pandu telah menjadi komisaris di Gojek Indonesia sejak April 2017. Dia juga menjadi Chairman di SEA Indonesia, perusahaan yang menaungi marketplace Shopee.

Dia juga aktif di perusahaan modal ventura dengan menjabat sebagai Managing Partner di Indies Capital Partner dan General Partner di Agaeti Venture Capital.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading