Erick Thohir Tunjuk Rudiantara Jadi Komut Semen Indonesia

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
19 June 2020 17:08
Menkominfo Rudiantara (CNBC Indonesia/Anisatul Umah)

Jakarta, CNBC Indonesia - Induk perusahaan semen milik negara, PT Semen Indonesia Tb (SMGR) menunjuk mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara sebagai Komisaris Utama perseroan menggantikan Sukarwo. Penunjukan ini disahkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang dilaksanakan hari ini, Jumat (19/06/2020).

Kabar ini didapat CNBC Indonesia dari sumber yang mengetahui proses pergantian tersebut. Sumber tersebut juga menyebutkan RUPST telah menerima pengunduran diri Sukarwo sebagai komisaris utama perusahaan.

Rudiantara menjadi Menkominfo pada 2014 hingga 2019 era pertama pemerintahan Presiden Joko Widodo. Sebelum Rudiantara pernah menjadi Chief Operating Officer di PT Telekomindo di tahun 1996.


Selama 11 tahun setelahnya dihabiskan oleh Rudiantara di berbagai jabatan eksekutif di Indosat maupun Telkomsel. Baru di tahun 2005 Rudiantara menjabat salah satu posisi direktur di PT XL Axiata Tbk yang dulu masih bernama PT Excelcomindo Pratama Tbk.

Hampir tiga tahun di XL, Rudiantara menjadi salah satu komisaris di PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Lalu statusnya berubah menjadi Komisaris Independen sejak tahun 2011 hingga 2012. 

Karir Rudiantara berkembang pesat tidak hanya di sektor komunikasi saja. Sejak tanggal 28 September 2006, Rudiantara menempati posisi strategis di PT Semen Gresik Tbk sebelum berganti nama menjadi Semen Indonesia.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading